Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Haul Habib Al-Imam Syekh bin Ahmad Bafaqih Botoputih Surabaya

Haul di Bulan Syawwal yang sudah tersebar seantero jagat ini dimulai dari yek endek jepara, Mbah Sholeh Darat dan Ulama lainnya. di Surabaya dimulai dari Habib Bafaqih botoputih.
Beliau adalah Al-Habib Syech bin Ahmad Bafaqih di wilayah Botoputih kota Surabaya. Makam Habib Syeh ini berdekatan dengan Makam Sunan Ampel. Kisah tentang karomahnya, Habib Syech bin Ahmad Bafaqih Botoputih sangat banyak sekali.

Konon cerita dari masyarakat, di suatu saat Habib Syech bersama Habib Abdurrahman bin Abdullah Al-Habsyi (Makam Cikini) yg tidak lain adalah abah dari Habib Ali bin Abdurahman Al-Habsyi Kwitang, Jakarta. Mereka berdua berziarah ke makam Al-Habib Husein bin Abubakar Alaydrus Kramat Luar Batang, Jakarta. Setelah selesai ziarah, Habib Abdurahman Al-Habsyi berkata "ana ingin makan, sudah lama tidak makan kebuli!!"
Kata Habib Syech, "Dimana ada yang jual nasi kebuli disini?" Apalagi di zaman itu belum banyak orang bisa masak dan/atau jual nasi kebuli. Kemudian Habib Syech berdoa kepada Allah Ta'ala, tidak lama tiba-tiba sudah ada didepan mereka berdua satu nampan nasi kebuli yang masih anget (baru) komplit dengan dagingnya, kemudian tidak banyak bicara, mereka berdua makan nasi kebuli tersebut dengan lahap. Akan Tetapi, kebuli yang senampan tidak mereka habiskan semua, begitulah para orang sholeh mereka makan sesuai dengan sunnah Rosulullaah Shallallaahu Alaihi Wasallam.

Lihat Jadwal Haul Se Jawa

Kemudian, karena masih banyak sisa kebulinya Habib Abdurrahman Al-Habsyi berkata, "ana mau bawa pulang ini kebuli untuk wan ifah dirumah". Habib Syech menjawab; "jangan ya habib!! Ini makanan barzakhi, makanan ahlil kubur". Namun si Habib Abdurrahman tetap membawa kebuli ke rumah, dan kemudian dibuka oleh istrinya, kebuli berubah menjadi pasir. Ini salah satu cerita tentang karomah yang sudah menyebar kemana-mana dan sampai pada penulis.

Sejarah singkat Habib Syekh Bin Ahmad Bafaqih

Al-Habib Syekh lahir di Kota Hadromaut Yaman, Konon Cerita singkatnya, beliau menjadi guru spiritual oleh raja Sumenep Madura, namanya Tjokronegoro. sang Raja mempunya banyak wilayah dan kerajaan. Karena direbut oleh Belanda, maka Sang Raja meminta bantuan dari guru spiritualnya untuk merebut kembali kerajaannya dari tangan Belanda. Hingga pada akhirnya kerajaan bisa kembali lagi dan diberikan kepada Gurunya, Habib Syekh bin ahmad bafaqih. Kemudian Kerajaan terebut menjadi makbarohnya hingga sekarang ini.

Makam Al-Habib Syekh bin Ahmad bin Abdullah Bafaqih, bersama dengan adiknya, namanya Al Habib Muhammad bin Ahmad bin Abdullah Bafagih. di Botoputih tersebut. Jadi jika anda berziarah di Botoputih, Maka doakan kakak beradik ini.

Haul Habib Syeh bin Ahmad Bafaqih

Acara haul Habib Syeh bin Ahmad bin Abdullah Bafaqih ini diperingati di setiap hari kamis ke-2 pada bulan Syawwal, dan dilaksanakan haulnya Ba'da Ashar. berikut adalah nasab beliau yang sambung sampai pada rosulullah:
Al-Imam Arif billaah Al-Habib Syech (Sunan Botoputih Surabaya) bin Ahmad bin Abdullaah Bafaqih bin Muhammad Maula AlAidid bin Ali AlHuthah bin Muhammad bin Abdullaah bin Ahmad bin Abdurrahman bin Alwi Amma-Faqih bin Muhammad Sohibul-Mirbath bin Ali Kholi' Qasam bin Alwi bin Muhammad bin Ba'alawi bin Ubaidillaah bin Ahmad AlMuhajir bin Isa Arrumi bin Muhammad AnNagib bin Ali AlUraidhi bin Ja'far Shadiq bin Muhammad AlBaqir bin Ali Zainal Abidin bin Sayidina Husein bin Ali bin Abi Thalib + Fatimah AzZahrah binti Muhammad Rasulullaah Shallallaahu Alaihi Wasallam.
Haul Habib Syeh Bin Ahmad Bin Abdullah Bafaqih, Botoputih Surabaya Tahun 2022

Untuk informasi Haul Al-habib Al-Imam Syekh bin Ahmad bin Abdullah Bafaqih di kawasan Botoputih kota Surabaya yaitu tanggal 28 Juni 2018 yang dilaksanakan setelah ashar. Yaitu Hari Kamis ke dua di Bulan Syawwal.

Posting Komentar untuk "Haul Habib Al-Imam Syekh bin Ahmad Bafaqih Botoputih Surabaya"