Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips SEO Video Menjadi Peringkat # 1

Laporan terbaru menemukan bahwa 78 persen pengguna Internet melihat video online setiap minggu dan 55 persen setiap hari. Laporan lain mengungkapkan bahwa lebih dari 1 miliar jam video ditonton di YouTube setiap hari.

Ini bukti berarti satu hal: pemasaran video online tidak hanya tumbuh secara eksponensial, tetapi juga menjadi arus utama. Marketer yang pintar memahami hal ini; mereka tahu bahwa video telah menjadi jenis konten online yang paling menarik. Itu sebabnya 87 persen dari mereka sekarang telah mengintegrasikan video ke dalam strategi pemasaran online secara keseluruhan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kegagalan Verifikasi Identitas di AdSense

Namun dengan dasar itulah terjadi persaingan. Ya, video online efektif untuk mengarahkan Customer/audiens Anda dan menggambarkan cara dalam penawaran Anda. Tetapi ketika 80% pemasar mengunggah 500+ jam video ke YouTube setiap menit, hal itu menjadi perlu untuk mengadopsi dan belajar strategi yang dapat melihat konten video Anda di bagian atas pencarian YouTube, hasil pencarian video Google, dan hasil pencarian di lain platform yang relevan. Disinilah dibutuhkan startego SEO.

APA ITU SEO VIDEO?

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, "SEO" secara tradisional berarti "Search Engine Optimization."

Dengan demikian, Video SEO pada dasarnya mengoptimalkan konten video Anda untuk diindeks dan diurutkan untuk kata kunci tertentu di mesin pencari seperti Google dan YouTube.

Tentu, YouTube adalah platform hosting video, tetapi juga berfungsi sebagai mesin pencari. Semakin banyak orang yang beralih ke sana untuk mencari produk dan informasi. Alexa menunjukkan bahwa YouTube sekarang adalah situs web yang paling banyak diperdagangkan di dunia, setelah Google (mengalahkan Facebook hingga ke puncaknya).
Karena semakin banyak video yang diunggah ke YouTube, Facebook, dan platform lain yang relevan, penonton sekarang memiliki lebih banyak opsi/pilihan. Untuk tetap di atas permainan Anda, Anda tidak hanya harus mempublikasikan video berkualitas baik, Anda juga harus mengoptimalkannya agar muncul di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Baca Juga: Akun Adsense berubah menjadi Adsense Review Site

Di bawah ini adalah 10 tips sederhana namun efektif untuk melakukan itu:

1. NILAI PENAWARAN

Anda harus memberikan nilai sebenarnya kepada audiens sebagai target Anda melalui konten Anda. Ini adalah aturan pertama tentang konten viral yang hebat.

Dengan kata lain, jika konten Anda akan diperingkat, orang perlu memiliki alasan yang bagus untuk menonton video Anda dan bahkan menantikannya. Plus, semakin banyak video berkualitas yang Anda miliki, semakin baik peluang Anda untuk menjadi otoritas tepercaya, membangun hubungan yang baik dengan audiens Anda, dan pada akhirnya menghasilkan lebih banyak uang.
Jadi jangan hanya membuat video, buat video keren yang menambah nilai bagi audiens Anda. Setelah Anda melakukannya, Anda telah mengatur tahapan untuk sisa taktik SEO pada posting ini agar bekerja secara efektif.

2. GUNAKAN KATA KUNCI DALAM JUDUL DAN DESKRIPSI VIDEO ANDA

Ketika masuk ke ranah SEO video, kemenangan sebagian besar dimenangkan pada ruang deskripsi video yang disediakan oleh YouTube. Kata-kata yang Anda gunakan pada judul juga penting. Itulah sebabnya antara judul dan kalimat pertama pada deskripsi harus sama yang sering kami gunakan dalam Marketing video Youtube.

Kata kunci SEO Video berfungsi lebih seperti praktik kata kunci standar Google untuk mesin pencari tradisional. Inilah yang harus dilakukan:

Baca Juga: Kenapa Youtube Lama mereview Monetise?
  • Sertakan kata kunci yang relevan di video Anda. Dan tempat untuk melakukan itu pada dasarnya adalah dalam deskripsi video, judul, dan tag. Google telah membuat bidang-bidang itu tersedia, bukan untuk Anda memasukkan kata-kata acak, tetapi untuk dengan hati-hati memilih istilah kunci yang sangat dicari dan menambahkannya ke ruang yang disediakan.
  • Bot pencarian YouTube dan Google akan secara otomatis menemukan kata kunci tersebut dan memberi peringkat video Anda. 
Bagaimana Anda dapat menemukan kata kunci yang dijamin hasilnya? Pelajari dengan seksama dan sering seringlah berlatih.

3. TANDAI VIDEO DENGAN SNIPPETS

Membuat orang menonton video Anda bukan hanya tentang apa yang Anda tunjukkan kepada pengunjung yang mampir, tetapi juga tentang apa yang mereka lihat sebelum mereka sampai di sana. Anda mungkin telah memperhatikan peningkatan signifikan dalam penggunaan sesuatu yang disebut "cuplikan video yang terbaik" di hasil pencarian Google.

Jika Anda tidak yakin apa itu, berikut penjelasan resmi Google tentang istilah ini untuk membantu. Tetapi ini semua tentang data terstruktur, seperti halnya skema Skema berlaku untuk SEO tradisional.

Dengan menggunakan cuplikan video, Google menampilkan informasi tentang video yang disematkan pada SERPs, menjelaskan kepada pengguna pencarian Google apa semua video peringkat tentang apa yang akan mereka lihat jika mereka mengklik untuk menontonnya.

Menandai konten video Anda dengan data terstruktur menjadikan Google Search sebagai titik masuk untuk menemukan dan menonton video. Anda langsung menonjol dari hasil pencarian lain di halaman itu dan membuat pencari lebih cenderung melihat video Anda. Pastikan untuk membuat judul dan deskripsi video Anda di YouTube sangat menarik.

4. MEMILIH PLATFORM HOSTING VIDEO YANG TEPAT

Sebelum Anda puas dengan platform video apa pun, Anda harus mempertimbangkan semua alasan mengapa Anda membutuhkan video Anda untuk mendapat peringkat tinggi.

Apakah Anda mengoptimalkan video untuk lalu lintas dan arahan atau hanya ingin menikmati lebih banyak kesadaran merek? Jika traffic ke situs web Anda bukan sesuatu yang sangat Anda pedulikan, YouTube dan Vimeo (di Indonesia di Blokir) adalah pilihan yang bagus. Namun, Anda harus memahami bahwa dengan platform seperti itu, setelah Anda membuat kemajuan dengan video Anda - pengindeksan dan semua - sebagian besar traffic akan beralih ke mereka daripada situs web Anda.

Dan ini juga dapat menyebabkan pengunjung situs web potensial Anda hilang dalam lingkungan yang sangat kompetitif seperti video yang disarankan ditampilkan setelah Anda di situs seperti YouTube.
Hosting sendiri video Anda mungkin merupakan cara terbaik sebagai pilihan jika Anda sangat fokus untuk mendapatkan besarnya traffic di website. Beberapa platform alternatif seperti Wistia secara otomatis memasukkan metadata SEO untuk meningkatkan kemungkinan diindeks.

Namun, Anda harus melakukan riset ketika mengevaluasi opsi Anda. Beberapa platform, misalnya, dapat menggunakan markup Skema dan yang lain mungkin menuntut Anda membuat peta situs video.

5. MEMILIKI ATAU TIDAK MEMILIKI LANDING PAGE?

Ketika pengunjung mendarat di situs web Anda, Anda hanya punya beberapa detik pertama untuk terlibat dan menangkap minat mereka; dan itulah inti dari halaman arahan.

Tetapi banyak hal telah berubah, dan orang-orang telah terbiasa melihat konten video berkualitas sehingga konten berbasis teks saja tidak lagi cukup untuk membuat orang tetap terlibat sebanyak yang Anda inginkan.

Tetapi ada solusinya: video.

Dengan menyematkan video pada halaman arahan Anda, Anda akan meningkatkan lamanya waktu pengunjung bertahan, dan juga jumlah arahan yang menjadi pelanggan aktual dengan membeli produk Anda, itulah sebabnya SEO ada. Jangan Sampai menjadi Bounching Traffic karena merasa tertipu.

6. MASUKKAN VIDEO TRANSCRIPT

Teks yang termasuk dalam video Anda disebut "transkrip video." Ini berisi teks dari apa yang dikatakan dalam video dan merupakan cara sederhana untuk membuat teks. Transkrip video tidak hanya membuat video Anda lebih mudah diakses oleh audiens yang lebih luas; mereka melakukan lebih banyak.

Transkrip video membantu pencarian bot dengan mudah merayapi dan mengindeks konten video Anda karena teks tambahan yang dikandungnya. Juga, karena transkrip memengaruhi peringkat video, Anda, terutama ingin memperhatikan transkrip pada video yang lebih panjang mengingat teks lebih panjang.

7. DAPATKAN VIDEO THUMBNAILS ANDA TEPAT

Thumbnail adalah snapshot visual dari video Anda, seperti poster untuk film. Thumbnail memiliki dampak penentu pada tingkat penayangan video dan peringkat pencarian. Pastikan thumbnail yang Anda gunakan pada video Anda menarik perhatian dan yang merangkum video untuk membantu meningkatkan tampilan Anda.

Semakin banyak orang yang mengklik video Anda di hasil pencarian, pencarian Google yang lebih tinggi dan bot YouTube mendorong konten Anda. Mengapa? Karena Google sering berpikir bahwa lebih banyak klik berarti orang menyukai konten Anda. Jadi, jika pengguna terus mengklik hasil Anda, bot akan secara otomatis memindahkannya ke atas pencarian sementara konten dengan klik yang lebih rendah diturunkan.

8. MASALAH OPTIMASI SELULER

Pengoptimalan seluler bukan hanya hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika Anda menjadi "sedikit sibuk." Itu juga menuntut banyak perhatian. Saat ini, lebih dari setengah dari semua video digital dilihat di perangkat seluler. Faktanya, Statista melaporkan bahwa selama kuartal terakhir tahun 2018, ponsel menyumbang 62 persen dari penayangan video online, naik dari 56,7 persen dari kuartal yang sesuai pada tahun sebelumnya.

Ya, video desktop sangat penting, tetapi kampanye SEO video Anda mungkin tidak akan pernah terbang jika Anda gagal mengoptimalkannya untuk konsumsi seluler.

Untungnya, mengoptimalkan konsumsi ponsel itu mudah. Pastikan situs web dan pemutar video Anda ramah seluler. Juga, sebagian besar layanan hosting secara otomatis menawarkan pengoptimalan seluler untuk semua konten.

Yang mengatakan, Anda masih membutuhkan platform seperti YouTube bahkan jika Anda meng-host video Anda di luar mereka karena mereka dioptimalkan dengan baik untuk menonton seluler.

9. KEMBANGKAN METADATA RELEVAN

Metadata yang diperlukan termasuk dalam video Anda akan membantu mesin pencari mengindeksnya. Dengan SEO video, beberapa informasi yang paling penting adalah judul, gambar kecil, dan deskripsi. Metadata memberikan informasi tentang judul video, deskripsi, nama file, dan panjang video dan semua ini harus mengandung kata kunci yang relevan.

Judul video harus pendek, singkat, dan deskripsi harus menawarkan detail tambahan dan kata kunci yang relevan untuk meningkatkan peringkat. Juga, pastikan nama file yang Anda pilih sama-sama cocok untuk peringkat kata kunci yang lebih baik.
10. OPTIMASI UNTUK INTERAKSI
Platform seperti YouTube tidak ingin audiens Anda "hanya menonton" video Anda. Mereka ingin audiens berinteraksi dengan konten Anda secara aktif. Mereka mengukur kualitas konten Anda dengan berapa banyak orang berlangganan, suka, komentar, bagikan, dan tambahkan video Anda ke daftar putar mereka. Semakin banyak yang Anda dapatkan, semakin berharga Anda di platform mereka, dan semakin tinggi mereka mendorong konten Anda.

Untuk membantu keterlibatan penampil maksimal, lakukan hal berikut;

  • Minta audiens Anda untuk berkomentar dan membagikan pendapat mereka
  • Selalu sertakan CTA (ajakan bertindak) yang jelas di akhir atau awal video Anda. Katakan kepada mereka untuk menyukai video dan berlangganan saluran Anda.
  • Tanggapi komentar (sangat penting!), Bahkan jika itu untuk beberapa jam pertama setelah video Anda ditayangkan.

Inilah - sepuluh tips untuk meningkatkan SEO video.

Mendapatkan video Anda ke atas hasil pencarian, baik di Google atau YouTube, dapat terbukti bermanfaat untuk mengarahkan lalu lintas dan penjualan untuk situs web Anda. Gunakan tips yang di atas dan Anda akan berada di jalur yang tepat untuk mendapatkan lebih banyak peringkat + 1000 tampilan dan klik.

Posting Komentar untuk "10 Tips SEO Video Menjadi Peringkat # 1"