Ziarah Makam Mbah Priok Jakarta


Advertisement
Saat itu, Saya beserta rombongan MWC NU jepara Kota sedang studi banding ke Kopontren al Ittifaq Ciwidey Bandung, dan kemudian berkunjung ke PBNU dan selebihnya kami berziarah ke Makam Mbah Priok Jakarta.
Makam Mbah Priok ini penuh dengan hal hal yang luar biasa. ada banyak kisah tentang mbah priok ini. Terakhir adalah tragedi mbah priok di tahun 2010. Banyak yang meninggal. saya berziarah itu sudah 6 tahun setelah tragedi April 2010. dan sudah banyak yang dibangun kembali.

Mbah Priok adalah waliyullah yang bernama Al-Arifbillah Habib Hasan bin Muhamad Al-Haddad Al-Husainy As-Syafi'y. Mbah Priok merupakan paku bumi Jakarta, khususnya Tanjung Priok daerah Koja. Mbah Priok dilahirkan di kota Ulu, Palembang, prov, SumSel, 1291 H/1870 M.


Dari kecil, Ia mengaji dengan kakeknya serta ayahnya. Kemudian semasa remaja, ia nyantri di Hadramaut, Yaman, dan setelah selesai berguru ia pulang ke tanah kelahirannya, Indonesia. Dan kemudian ia dewasa membangun majlis taklim dan pesantren.

Pada umur 29 tahun, ia berziarah ke makam keramat luar batang, Makbaroh Habib Husein Al-aydrus, Jakarta (dulu bernama Batavia). kemudian ziarah ke makam sunan gunung jati, cirebon. lalu ziarah ke Sunan Ampel, surabaya. Perjalanan ziarahnya ditemani Habib Ali Al Haddad dan 3 khodamnya. Perjalanan Ziarahnya dengan memakai perahu layar, banyak sekali rintangannya, baik ombak dan juga belanda. Dan al Hasil perahu yang ditunggangi di tembaki oleh belanda. Akan tetapi, mereka semua selamat dan sampai ke Batavia.

Setelah singgah beberapa tempat, perahunya diterjang ombak sampai pecah dan 3 khodamnya tenggelam. Habib Hasan terdampar di tengah lautan bersama Habib Ali, sampai 10 hari ditengah lautan yang akhirnya habib Hasan jatuh sakit dan meninggal, sedangkan Habib Ali masih lemah tak berdaya kemudian terdorong ombak sampai di Batavia kembali.

Akhirnya ditolong oleh nelayan yang kemudian menguburkan jenazah Habib Hasan. Makbarohnya ditandai dengan Kayu dayungnya yang patah dan Diatasnya ditempatkan perbekalannya, Priok dan bunga tanjung. Tanda ini agar diketahui masyarakat bahwa ditempat itu terdapat makam Habib Hasan. selang bebera hari kemudian, masyarakat melihat cahay yang berasal dari prioknya makam habib hasan. Al Hasil tempat tersebut dijuluki masyarakat sebagai tempat Tanjung Priok.

Karomah karomahnya Mbah Priok

1. Sinar sampai ke Satelit Luar angkasa

Sinar mbah priok ini tak sengaja ditemukan para ilmuwan di angkasa. para ilmuwan menganggap ini adalah sinar laser yang asalnya dari Indonesia. sebagaimana diberitakan di media https: // news.okezone. com/read/2010/01/14/338/294250/ sinar-makam-mbah-priok-terlihat-satelit bahwa makam mbah priok ini memancarkan sinar sampai ke angkasa. tepatya tgl 20 Maret 2000 M, para ilmuwan ini terjun langsung ke Makam mbah Priok sebagai koordinat titik pancar berasal. akhirnya ditemuilah para ahli waris mbah priok tersebut. dan Akhirnya apa yang dikhawatirkan para ilmuwan yang menganggap sinar laser tersebut sebagai senjata yang berbahaya tidak ditemukan.

2. Pembongkaran Makam Mbah Priok tak pernah berhasil

keramat Mbah Priuk di era penjajahan, Kepala Yayasan Mbah Priok bpk Wahyudin bercerita bahwa, dulu PemKol (pemerintah Kolonial) Hindia-Belanda mau membangun pelabuhan di kawasan Pondok Dayung, yaitu dekat dengan makbaroh Mbah Priuk. Lalu pemkol berusaha memindahkan makam mbah Priok tak pernah berhasil, beberapa kali dak berhasil. Bahkan petugas pembongkaran jatuh sakit. (sumber: https: //www. cnnindonesia.com/ nasional/20180509085022-20-296795/ sengketa-dan-kisah-gaib-di-makam-mbah-priuk)

Kejadian pembongkaran makam mbah priok sudah sering dilakukan oleh oknum yang punya kepentingan. Kasus sengketa tanah PT Pelindo dengan Makam Mbah Priok, tahun 2010. Kejadian ini sampai menimbulkan tragedi berdarah dan jatuh korban meninggal dunia untuk mempertahankan Makam mbah Priok. Akhirnya PT Pelindo merilis surat kesepakatan tertanggal 9 Juli 2013. bahwa IPC (PT Pelindo II) sudah bersepakat dengan yayasan mbah priok. Kesepatakan ini saksinya adalah Forum Kompinkot (koordinasi pimpinan kota) Jakarta utara. Pihak IPC akhirnya sadar akan makbaroh Mbah Priok yang luar biasa dan juga menghargai masyarakat Indonesia tetap berziarah. Oleh Karena itu pihak akhirnya memberi fasilitas keamanan. Untuk keberlangsungan peziarah dan kegiatan di Makam dan juga kegiatan pelabuhan, Pihak Pelindo Akhirnya membangun Cluster tembok 3 meter tingginya dan membangun jalan ke Makbaroh Mbah Priok. Jalan ini juga dapat digunakan untuk tempat parkir sampai 80 Bus. untuk selengkapnya bisa baca nota kesepahaman dan kesepakatan antara IPC dan Mbah Priok di http:// www. indonesiaport.co.id/download/130708---IPC---Konpres-Mbah-Priok---Press-Release---1.2.pdf

3. dan Masih banyak lagi keramat beliau

Ketika kami sampai disana pun sudah terlihat pagar betis tembok setinggi 3 meter dari mulai pintu masuk sampai area pemakaman.

Makam Mbah Priok sudah menjadi cagar budaya Indonesia khususnya Jakarta. Karena kegiatan ziarah adalah kegiatan yang baik dan berpahala. oleh karenanya teman saya bernama Ustad hasan al batawi yang asli Jakarta sering sekali berziarah di Mbah Priok.
Cagar budaya ini diresmikan oleh Ahok yang menjabat sebagai Gubernur Jakarta tahun 2017, dan juga Ahok membangun area Makam Mbah Priok ini sesuai janjinya.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ziarah Makam Mbah Priok Jakarta"

Post a Comment