Ziarah Makam Syeh Maulana Syamsuddin Pemalang


Advertisement
Sudah sering sekali saya berziarah ke Makam Keramat Syaikh Maulana Syamsuddin di Kota Pemalang ini. Tempat ini sama dengan makam keramat mbah jogo laut di Teluk awur Jepara. Hanya saja Makam Syaikh Maulana Syamsudin sudah ditata rapi dan mempunyai area yang cukup luas.
Makam ini dijadikan destinasi objek wisata religi di Kabupaten Pemalang. Keberkahannya sampai hari ini masih terasa hari ini. Tempat makam Syaikh Maulana Syamsuddin saat ini adalah hasil perbaikan berkali kali, semakin lengkap fasilitas yang dimiliki. Ada Masjid, MCK dan Parkir yang cukup luas.

Untuk Para peziarah dengan rombongan Bus atau mobil pribadi pun bisa langsung ke area parkir ini. dan kemudian bisa istirahat di tempat istirahat yang sudah disediakan. Lokasi Makam Keramat ini berada di Alamat berikut: Kelurahan Sugihwaras RT:01/02, Dukuh Pecolotan, Kec. Pemalang Kab. Pemalang.

Sejarah Syaikh Syamsuddin ini adalah beliau seorang penyebar Islam dari Baghdad. Nama Kecilnya adalah Solehuddin Al-Baghdady. Konon, Syaikh Syamsuddin masih keturunan Syaikh Abdul Qodir Al-jaelani. Saat umur menjelang remaja, 10 tahun, Syaikh hijrah ke tanah jawa untuk berguru kepada Syaikh Maulana Maghriby di Gresik. Perguruannya sampai 20 tahun ia menimba ilmu dengan sunan Gresik tersebut. Kemudian Syaikh Syamsuddin diperintah untuk mengantar surat ke Sunan Gunung Jati, Cirebon. Berangkatlah sendiri, dengan dibekali bekal beberapa kitab dan surat untuk Sunan Gunung Jati. Syaikh Syamsuddin berjalan kaki menapaki jalan di tepi pantai.

Dalam perjalanannya, Syaikh Syamsuddin ini diikuti sekelompok perampok yang melihat syaikh Syamsuddin membawa bekal seperti saudagar. Di Area Pemalang inilah Syaikh Syamsudin dirampok. Ada yang meriwayatkan bahwa beliau terbunuh saat dirampok. Sampai saat ini sy belum mendapatkan literatur yang valid dan kredibel terpercaya. Sehingga saya masih mencari dan bertanya-tanya asal usul Makam Syeh Maulana Syamsuddin.

Sebagaimana orang orang yang berziarah untuk tabarukan dengan syaikh maulana Syamsuddin, juga terdapat sebagian yang tabarukan dengan air laut untuk kesembuhan penyakit penyakit yang dideritanya. Mereka mandi di tepi pantai air laut dekat dengan makam syaikh Syamsuddin.

Dan Saya pun akhirnya bertabaruk dengan air laut untuk mengobati penyakit kulit anak anak saya. Mulai dari kaki, sampai kepala yang terdapat penyakit kulit. Semoga Allah meyembuhkan penyakit penyakit yang diderita anak saya lantaran berkah air laut dekat makam Syaikh Maulama Syamsuddin di Pemalang ini.

Jika anda pernah berziarah ke Makam Syeh Syamsuddin ini, pasti melihat pohon besar yang unik. Pohon ini sudah ada sejak syeh syamsuddin di makamkan. Uniknya terdapat beberapa macam buah dalam satu pohon ini. Karena hal itu terdapat lima buat tanaman yang tergabung dalam satu pohon besar tersebut.

Selain pohon besar juga terdapat Air tawar yang terdapat di Sumur Syeh Samsuddin. Sumur itu memancar saat pemakaman Syeh Syamsuddin.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ziarah Makam Syeh Maulana Syamsuddin Pemalang"

Post a Comment