Haul Habib Abu Bakar Assegaf Gresik


Advertisement
Sudah beberapa kali, Alhamdulillaah saya diberi rizki oleh Allah Ta'ala, bisa hadir haul Habib Abu Bakar Assegaf Gresik. Haulnya settiap tanggal 17 Dzulhijjah Hijriyah. Kehadiran saya pertama adalah beberapa para ustad jepara, yaitu ustadz sholeh (salah satu pengajar di Pondok Pesantren Amtsilati Bangsri Jepara), serta para pengurus MWC NU Jepara.

Kehadiran saya yang kedua di Haul Habib Abu Bakar gresik ini bersama para Pengurus MWC NU Jepara dan para generasi muda, pengurus IPNU PAC Jepara Kota. Alhamdulillah sy dan pengurus MWC NU Jepara bisa mengajak mereka para generasi muda NU untuk mengenal dan mencintai para ulama'nya. Hal seperti inilah yang perlu di-estafet-kan agar para generasi muda ahlussunnah waljamaah tetap sebagaimana mestinya.
Setiap sy hadir haul habib Abu Bakar gresik, sy datang terlebih dahulu ke kediaman Habib Ismail Gresik. Disamping untuk istirahat juga untuk mendapatkan silaturrohim. Alhamdulillah kami selalu mendapatkan pelayanan yang istimewa dari beliau habib ismail yang masih muda ini.

Sejarah Shohibul Haul

Al Habib Al Quthub Al Ghauts al Arifbillaah Abu Bakar bin Muhammad As-Segaf terlahir di daerah Besuki, kota di Jawa Timur, tahun 1285 Hijriyah. Beliau menjadi anak yatim saat usia 3 tahun yang ayahnya dimakamkan di kota Gresik. Di usia 8 tahun itulah, Habib Abu Bakar berguru di Hadramaut dengan Pamannya sendiri, Habib Abdillah bin Umar yang ditanggung oleh neneknya sendiri, Fatimah binti Abdullah 'Allan.

Pendidikan beliau langsung dari paman-pamannya termasuk Habib Syech bin Umar as-segaf, Salah satu Ulama' termasyhur di kota Sewun, Yaman. Beliau juga ngaji agama dengan Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi (penulis kitab Maulid Simthud-Durror). Habib Ali bin Muhammad al-habsyi telah mengetahui keistimewaan habib Abu Bakar yang akan mewarisi ilmunya.

Habib Abu Bakar juga ngaji kepada Habib Muhammad bin Ali As-segaf, Habib Idrus bin Umar al-Habsyi, Habib Ahmad bin Hasan al At-thas, Habib Abdur-rahman al Masyhur dan guru guru mulia beliau yang masih banyak.

Setelah selesai mengaji kepada para gurunya, Habib Abu bakar As-segaf pulang ke Tanah kelahirannya dan memulai berdakwah di tahun 1302 H. Pad tahun 1305 H, usia 20 tahun, Habib Abu Bakar Hijrah ke kota Gresik, Jawa Timur. Walaupun Beliau sudah aktif berdakwah, tetapi beliau masih aktif mau mengaji ilmu dengan para ulama di Nusantara, antara lain:
  1. Habib Abdullaah bin Muhsin Alatthos (Bogor) 
  2. Habib Abdullaah bin Ali alHaddad (Bangil, wafat di Jombang) 
  3. Habib Ahmad bin Abdullaah bin Thaalib Alatthas (Pekalongan) 
  4. Habib Abu Bakar bin Umar Bin Yahya (Surabaya, Makamnya sebelah Sunan Ampel) 
  5. Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi (Surabaya) 
  6. Habib Muhammad bin Ahmad Al Muhdhor (wafat di Surabaya), dan lainnya. 

Suatu hari, Habib Abu Bakar menyendiri di kamar, selama hampir 15 tahun. Guru beliau, Habib Muhammad Bin Idrus Al Habsyi meminta ijin kepada Habib Abu Bakar bin Umar bin Yahya untuk meminta ijin kepada Rosulullah Shallallaahu Alaihi Wasallam agar diijinkan habib Abu Bakar Assegaf dikeluarkan dari kholwatnya. Selesai dari kholwatnya, ia bersama Habib Muhammad bin Idrus Al-habsyi ziarah di makam Habib Alwi bin Muhamad Hasyim As-segaf.

Kemudian ia bersama gurunya berkunjung ke Surabaya, di rumah Habib Abdullaah bin Umar As-segaf. Ia disambut oleh rakyat Surabaya di kediaman gurunya. Disinilah, beliau mendapatkan ijin untuk membuka pengajian di rumahnya, Gresik.

Majlis taklim dibuka, jamaah kota gresik dan sekitarnya pun menyambutnya dengan baik. dari majlis taklim inilah, penyebaran dakwahnya menyebar ke seluruh Nusantara. Dalam Majlis taklimnya, Ia selalu mengkhatam-kan kitab Ihya Ulumuddin, karangan imam Al Ghozali, 40 kali. Setelah khatam, beliau selalu menjamu para jamaah yang hadir dalam majlis taklimnya.

Acara Haul Gresik 2018

Acara Haul Gresik 2018 ini akan dilaksanakan pada tanggal 28 sd 29 Agustus 2018. Untuk kegiatan acaranya adalah sebegai berikut:
  • Tanggal 28 Agustus 2018 kegiatan Rauhah, yang dilaksanakan setelah sholat ashar sd selesai. dan tempatnya di Shohibul Haul sendiri. Jl. K.H. Zubair No.93 Kota Gresik.
  • dan Tanggal 29 Agustus 2018, adalah puncak acara Haul. dimulai Pkl. 09.00 WIB sd selesai di Masjid Jamik Kota Gresik yaitu di Alun-alun Kota Gresik. Jl. K.H. Wachid Hasyiem No.6 Kota Gresik.

Dari Kegiatan Haul ini, Shohibul Haul sebenarnya mengajari kita dengan kitab Ihya' Ulumudin. Dimana Kitab Tersebut mengajarkan Akidah yang suci. Akidah yang diajarkan Rosulullah Shallallaahu Alaihi Wasallaam. Yaitu Allaah Mahasuci dari segala ukuran dan bentuk. Kitab Ihya' menyebutkan :
Seandai-nya boleh diyakini bahwa pen-cipta alam adalah benda yang ber-ukuran, maka niscaya boleh pula diyakini bahwa matahari atau bulan dan/atau benda lain yang ber-ukuran sebagai tuhan.
(AlImam alGhazali, Ihya' Ulumiddin: 1/127-128). 

Inilah sebenarnya maksud dari tujuan Haul yang mengajarkan akidah Suci. Akidah Tanzih. Bahwa Allaah Ada Tanpa Tempat, Allaah Ada Tanpa Arah, Allaah Tidak bisa dipikirkan. Allaah Tidak sama dengan Makhluk-NYA.

Sayyidina 'Ali bin AbüThölib rodliyaLloöhu 'anhu juga pernah berkata: "Ada 2 Jenis orang yang membuat punggung-ku patah (sedih tak terkira). yaitu Seorang 'alim yang gampang (mudah) ber-fatwa. Dan yang kedua adalah orang bodoh (tidak berilmu) yang melaksanakan banyak ibadah-nya. Orang bodoh ini -tanpa disadari-nya- menipu banyak manusia lain dengan banyak-nya ibadah tersebut. Sedangkan Orang 'alim ini menipu banyak manusia lain dengan ketergesa-gesa fatwa fatwanya. (ia terburu-buru saat berfatwa)". [AlGhozäly -rohimahuLlöoh-, Ihyä' ulümiddïin, vol.1, hal:58].

قال علي بن أبي طالب رضي الله عنه : قصم ظهري رجلان ، عالم متهتك وجاهل متنسك ، فالجاهل يغر الناس بتنسكه ، والعالم المتهتك يغرهم بتهتكه " 1/ 58 من إحياء علوم الدين للغزالي
قصم : كسر
متهتك : متسرع في الفتوى

Habib Bakar, Cucu Shohibul Haul yang unik

saya belum bisa bercerita banyak tentang beliau, Cucu Shohibul Haul, Habib bakar, ia masih hidup, karena belum pernah ketemu secara langsung. Sy hanya pernah dikirim video oleh sahabatku di Gresik ketika habib bakar sedang berada di kediaman habib ismail yang sering saya singgahi untuk beristirahat. cerita ane nanti ane lanjutkan setelah haul 2018 ini selesai ya.

Haul tahun 2018 ini diawali terlebih dahulu oleh cucunya yaitu menantu habib luthfi. tanggal 3 Agustus 2018 kemarin. di pekalongan. Haul Gresik beserta mauludan kliwonan disambut baik oleh para jamaah mauludan kliwonan Pekalongan.

Prosesi Haul Gresik

Haul gresik diawali dengan proses Rauhah terlebih dahulu di hari sebelumnya. Prosesi Rauhah dimulai setelah waktu Ashar di rumah Haul. kemudian Pada Acara hari haulnya... ada beberapa ulama yang diiring menuju Masjid Agung dengan diterbangi dan disambut dengan sholawatan. Setelah sampai masjid, kemudian dibacakan ihya ulumuddin dan prosesi haul. kemudian waktu sholat dhuhur menandakan selesainya acara haul.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Haul Habib Abu Bakar Assegaf Gresik "

Post a Comment