Ziarah Makam Sapuro Pekalongan Habib Ahmad bin Abdullah Bin Thalib Al Athhos


Advertisement
Seringkali saya bertabarukkan dan berziarah Makam Sapuro Pekalongan, yaitu Ziarah Habib Ahmad Bin Abdullooh bin Thalib Al Atthos.
Dalam foto itu saya, bersama Rois Syuriyah MWC NU Jepara Kota, Kyai Nur Rohmad, Jobokuto. dan Ketua Tanfidziyah MWC NU Jepara Kota, Ustadz Hamzah Sholehuddin Potroyudan. Waktu itu saat setelah mauludan di Habib Luthfi Yahya. 
bersama beliau beliau, saya nyantri dan banyak belajar dari beliau. 
Dan suatu hari, Alhamdulillah bisa mengajak Ayahanda untuk berziarah ke Makam Sapuro Pekalongan, yaitu Ziarah Habib Ahmad Bin Abdullooh bin Thalib Al Atthos. Bersama Ustadz Hamzah. Waktu itu juga setelah mauludan dari Habib Luthfi Yahya.

Lokasi Makbaroh Sapuro di Kota Pekalongan yang dekat dengan jalan pantura, yaitu kurang dari 100 meter dari jalan raya Jenderal Sudirman. Startegis dan tata letak Parkir Bis dan Mobil juga Teratur sehingga banyak masyarakat baik dari Pekalongan sendiri maupun dari luar Kota Pekalongan sering berziarah di Makam Sapuro ini. Disamping itu, letak di tengah tengah pulau jawa juga menjadi salah satu destinasi tempat ziarah terfavorit.

Sayyid AlHabib Ahmad Bin Abdullooh Bin Tholib Al Atthos lahir di Hajren, Hadramaut, Yaman tahun 1255 H. / 1836 M. Tradisi Yaman adalah belajar ngaji yang luar biasa. Habib Ahmad pun belajar sampai mendapatkan ilmu yang diperlukannya. Kemudian belajar lagi ke Makkah dan Madinah. Saat di Makkah beliau berguru dengan Sayyid Al Habib Ahmad Zaini Dahlan, gurunya para ulama Nusantara, KH Fadhil, KH Kholil Bangkalan, KH Hasyim Asy'ari

Setelah berguru dengan Guru para ulama Nusantara, Habib Ahmad berhijrah ke Indonesia untuk berdakwah, beliau tiba di Pekalongan Jawa Tengah. Dakwah pertama kalinya di Pekalongan dengan menjadi Imam Masjid Wakaf di perkampungan Arab (Jl. Surabaya Sekarang). dan kemudian Habib Ahmad memulai dakwahnya dengan membuka majlis ilmu. Al-Habib Ahmad Bin Abdullooh Bin Tholib Al atthos wafat pada hari ahad 24 rajab 1347 H. / 1928 M. Dalam usia 92 tahun. Dan Haulnya diperingati pada tanggal 14 Sya'ban yang bertepatan dengan nisfu sya'ban.

Beberapa hari yang lalu, saya juga mengajak Gus Lukmanul Hakim untuk berziarah di Makam Sapuro Pekalongan. 
Gus Lukman ini adalah pengasuh pondok pesantren Al Haromain Rajegwesi Mayong Jepara. dan Inysaallah Setiap 2 bulan Sekali mengisi Dauroh Ngaji di Majlis Ilmu Shulthan Sholahuddin Al Ayyubi Tegal. 

Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ziarah Makam Sapuro Pekalongan Habib Ahmad bin Abdullah Bin Thalib Al Athhos"

Post a Comment