Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Komisi Referral dari Shutterstock

Di Awal Tahun 2020 ini, Sy mendapatkan kejutan dari Shutterstock, dimana saya mendapatkan aliran Dana yang cukup besar bagi saya, ($25). tetapi ini bukan dari penjualan foto atau footage. Sy juga kaget, kok bisa segitu ya dari komisi referral shutterstock.

Secara umum, program referral atau afiliasi (affiliate) adalah program kemitraan atau kerjasama pemasaran untuk memasarkan produk atau jasa tertentu dengan imbalan komisi yang sudah ditentukan. Dalam hal ini adalah situs Shutterstock, kerjasama dalam bentuk referal ini pun sudah disediakan bagi penggunanya, baik contributor atau user biasa yang sudah terdaftar.

Cara kerjanya bisa dibilang cukup mudah dan bahkan relatif sama dengan program-program yang sudah tersedia di situs lain, yaitu kita harus melewati dulu proses pendaftaran akun, kemudian ketika sudah login, tinggal cari saja menu atau fitur afiliasi tersebut.

Di Contributor Shutterstock, kita tinggal klik menu Referral atau link afiliasi (tautan referensi/rujukan) milik akun kita sendiri. Shutterstock ini memberikan beberapa pilihan referal dan target market, yaitu sebagai berikut:
  1. Referral Buyer Image Gallery yaitu dengan link: http://www.shutterstock.com/g/afitzone?rid=189967220
  2. Referral Buyer Video Gallery yaitu dengan link: http://www.shutterstock.com/g/afitzone/video?rid=189967220
Dari kedua Referal tersebut diberikan aturan bahwa dengan mendapatkan seorang pelanggan baru ke Shutterstock akan mendapatkan 50% dari pembayaran pertama mereka (hingga $ 200) dan juga bonus referensi 20% yang biasa. Hal ini komisi Anda bisa sampai 30% lebih banyak uang yang akan masuk ke paypal kita.

Sedangkan untuk referensi seorang kontributor baru di Shutterstock menggunakan URL sebagai berikut:
http://submit.shutterstock.com?rid=189967220


Aturannya adalah ketika sudah mencapai dua tahun pertama setelah kontributor yang Anda referensikan disetujui, Kita akan mendapatkan $ 0,04 setiap kali salah satu gambar mereka para kontributor yang kita referensikan yang telah di download para pembelinya. Sedangkan untuk footage atau video dalam tahun pertama setelah kontributor yang kita referensikan disetujui, akan mendapatkan 10% dari harga jual yang sebenarnya diterima oleh Shutterstock setiap kali salah satu klip mereka didownload pelanggannya.
Sudah paham ya? Belum? komen saja untuk bertanya....

Langkah selanjutnya, baru kemudian kita mencari siapa yang mau mendaftar kemudian menjual atau membeli foto di Shutterstock. Setiap transaksi yang terjadi dari akun yang awalnya terdaftar melalui link kita tadi, maka kita akan mendapatkan komisi.

Cara mendaptkan referral untuk akun Shutterstock

Untuk mendapatkan orang atau pengguna baru yang mendaftar menggunakan link afiliasi kita itu kemudian disebut sebagai referral. Semakin banyak referral yang kita miliki, jika pada akun mereka masing-masing banyak terjadi transaksi di situs Shutterstock baik pembeli foto maupun kontributor (penjual), maka peluang kita akan semakin besar pula untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Hal ini menjadi usaha sampingan yang cukup menguntungkan.

Mulai mengumpulkan banyak referral untuk program afiliasi Shutterstock

Dari ulasan yang baru saja dijelaskan, kita akhirnya bisa tahu bahwa sekarang, setidaknya ada 2 sumber penghasilan bagi pengguna situs Shutterstock untuk meraup Dollar. Bagi yang merasa sanggup untuk menjual foto yang berkualitas, bisa mulai mengupload foto. Bagi yang ingin meraup pendapatan dalam bentuk lain, bisa memanfaatkan layanan dari program afiliasi dengan mendapatkan referral.

Untuk mendapatkan sumber penghasilan yang kedua ini yaitu melalui afiliasi, kita bisa memulainya dengan melakukan beberapa hal berikut ini:
  1. Temukan teman, keluarga, atau kenalan baru yang memiliki ketertarikan yang sama dengan dunia fotografi maupun vektor. Barangkali diantara mereka ada yang belum mengetahui hal ini dan agar mereka juga bisa mulai mendapatkan penghasilan. Yang perlu dilakukan adalah pastikan mereka mendaftar melalui akun kita sendiri.
  2. Gunakan WhatsApp untuk membuat grup secara khusus tentang berbagi ilmu dan pengalaman dengan pengguna baru apalagi yang menjadi referral kita sendiri.
  3. Manfaatkan Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, maupun media sosial lainnya untuk menyebarkan link afiliasi agar semakin banyak orang yang tahu mengenai hal ini.
  4. Berkomentar di status orang lain dengan menyematkan link afiliasi sendiri. Tapi hati-hati jangan sampai keterusan dan dianggap spam.
  5. Buat grup atau halaman Facebook sendiri baik yang sifatnya umum maupun dengan topik yang lebih spesifik mengenai jual-beli foto di Shutterstock.
  6. Jika sudah punya blog, menulislah tentang Shutterstock dan mulai sematkan link afiliasi disana. Bagi yang belum punya, mulai buat blog kamu sekarang juga.
Cara cara tersebut sangat direkomendasikan. Tinggal disesuaikan saja dengan kemampuannya masing-masing mengenai cara mana yang cocok. Terkhusus untuk link afiliasi ini, jika ingin mengiklankannya langsung di Facebook atau Google, maka hal itu tidak bisa dilakukan. Kecuali jika kita misalnya memiliki blog dan menulis konten yang sudah disematkan tautan afiliasi, lalu link tulisan di blog itulah yang bisa diiklankan.

Setelah kita melakukan promosi referal Shutterstock kita. Maka kita akan mendapatkan komisi dari hasil referal kita.
Hal yang perlu dipahami dalam mendapatkan komisi Referral Shutterstock adalah sebagai berikut:

Komisi Penghasilan Referral pelanggan yang tertunda akan dimasukkan dalam total penghasilan referral kita setelah masa tunggu 90 hari. Karena ada TOS dari Shutterstock. yaitu:

Syarat dan ketentuan

Referral Kontributor

Untuk tahun pertama setelah kontributor yang direferensikan mendaftar, Anda akan mendapatkan 10% dari harga jual akhir setiap kali salah satu videonya diunduh.

Selama dua tahun pertama setelah kontributor yang dirujuk disetujui, Anda akan mendapatkan $ 0,04 setiap kali salah satu gambar mereka diunduh.

Mereferensikan pelanggan

Setiap kali Anda berhasil mereferensikan pelanggan baru ke Shutterstock, Anda akan mendapatkan 20% dari pembayaran pertama mereka, hingga $ 200. Untuk paket bulanan, Anda akan mendapatkan komisi referensi berdasarkan pembayaran bulanan pertama pelanggan yang direferensikan saja.

Misalnya, jika Anda merujuk pelanggan yang pembelian pertamanya adalah $ 249 keanggotaan bulanan, 20% ($ 49) akan ditambahkan ke akun Anda.

Pelanggan yang direferensikan harus melakukan pembelian pertama mereka dalam 30 hari setelah membuat akun pelanggan Shutterstock baru agar Anda dikreditkan dengan referensi mereka.

Pengiriman pembayaran

Shutterstock berhak untuk menunda pembayaran penghasilan Referal Anda hingga 90 hari sejak tanggal kontributor atau pelanggan yang Anda referensikan membuat akun mereka (Aturan ini ada di ketentuan Shutterstok dari Ketentuan Layanan.)

Untuk melindungi kontributor dari aktivitas penipuan, Shutterstock mempertahankan masa percobaan tiga bulan untuk semua penghasilan yang diperoleh dari referensi pelanggan. Setelah akhir masa percobaan ini, Anda akan melihat penghasilan ini muncul di akun Anda. Anda dapat meninjau status penghasilan tertunda di bagian penghasilan rujukan pelanggan. Inilah cara mendapatkan penghasilan dari Cara mereferensikan Pelanggan Baru atau kontributor baru di Shutterstock.

Meningkatkan Pendapatan Referal dengan membuat Website

Konten visual adalah alat yang ampuh yang digunakan oleh marketer dan blogger. Ini dapat meningkatkan keterlibatan visitor, kesadaran merek, dan rasio klik-rate pada situs web.

Tidak ada blog, spanduk iklan, atau halaman arahan yang dapat berjalan tanpa gambar atau video yang beresolusi tinggi. Tetapi mempekerjakan seorang fotografer atau desainer grafis untuk setiap kampanye itu mahal dan memakan waktu. Itu sebabnya merupakan ide cemerlang untuk membuat penyimpanan global foto, video, vektor, dan musik bebas royalti, dan membuatnya tersedia untuk unduhan instan dengan biaya hanya beberapa dolar. Shutterstock adalah salah satu komunitas kontributor konten visual paling terkenal di dunia.

Dengan mempertimbangkan minat visual yang semakin meningkat di tahun-tahun mendatang, mengapa tidak membangun situs web seperti Shutterstock sendiri?

Dari hasil riset inilah terdapat peluang bisnis baru untuk industri microstock. Anda akan belajar tentang fitur yang diperlukan untuk membuat situs web yang mirip dengan Shutterstock sehingga orang menyukainya.

Model bisnis Shutterstock didasarkan pada penjualan gambar, video, ilustrasi, dan musik atas nama fotografer, videografer, desainer grafis, dan musisi yang terdaftar di situs web Shutterstock. Dengan mengirimkan konten visual, seorang kontributor memberikan semua hak cipta kepada pembeli di masa depan untuk menggunakan konten yang sudah dibeli dengan kebijaksanaan mereka sendiri.

Perusahaan menjual 4,7 gambar per detik. Untuk pembeli, Shutterstock menyediakan beberapa opsi:
  • berlangganan prabayar mulai dari $ 29 / bln untuk 10 gambar hingga $ 199 untuk 750 gambar (bahkan jika pembeli mengunduh lebih sedikit),
  • pada permintaan unduhan seharga dari $ 49 untuk 5 foto hingga $ 179 untuk 25 gambar,
  • rencana untuk tim dan perusahaan dengan penawaran khusus.
  • Pada saat yang sama, untuk setiap gambar yang diunduh, seorang kontributor dibayar minimal $ 0,25. Tidak sulit untuk menghitung selisih antara apa yang dibayar pembeli dan apa yang sebenarnya diterima kontributor.
Selain situs web utama, pada 2013, Shutterstock menciptakan platform terpisah - Offset. com - untuk konten berkualitas premium.

Alasannya adalah bahwa masyarakat saat ini memiliki minat yang kuat dalam menggunakan gambar nyata dan otentik dari orang biasa dan gaya hidup mereka apa adanya, tanpa berpose, gloss, dan senyum buatan. Sekarang orang menginginkan emosi nyata, wajah nyata (dengan kerutan, tanpa riasan, dan kekurangan) dan kisah nyata.

Orang-orang menjadi muak dan bosan dengan semua model buatan glamor yang berpose di foto meyakinkan kita untuk membeli hal-hal yang kita tidak perlu menjadi bahagia.

Konten ini harus menarik marketer yang mencari gambar asli, premium, berkualitas tinggi untuk kampanye mereka. Jadi harganya sesuai. Tetapi jika Anda membayar 2.000 - 4.000 euro per 5-10 gambar, setidaknya Anda mungkin merasa aman untuk melihatnya di setiap artikel dan iklan.

Ketika Anda ingin memulai dengan Konsep Bisnis Model Shutterstock, ada yang perlu diperhatikan untuk memulai membangun website seperti shutterstock:

1. Konten visual yang sesuai permintaan yang belum ada sebelumnya

Pembuatan konten khusus harganya banyak, sehingga orang lebih suka membeli gambar dan video yang siap pakai dari agensi saham untuk menghemat waktu dan uang.

2. Sebuah Evolusi teknologi yang yang super cepat

Dengan evolusi kamera ponsel cerdas dan pertumbuhan popularitas blogging Instagram yang sangat besar, para user tidak memerlukan keterampilan kamera atau Photoshop profesional untuk membuat konten visual trendi yang menarik. Menurut penelitian Flickr, sebagian besar pemotretan dibuat dengan bantuan kamera iPhone.

3. Kontributor sedang mencari kondisi yang lebih baik

Dinilai oleh laporan keuangan Shutterstock saja, pendapatan mereka tumbuh dari tahun ke tahun seperti halnya jumlah anggota terdaftar. Namun, komisi yang dibayarkan kepada para profesional sangatlah kecil. Jadi, kontributor juga dapat mencari alternatif untuk Shutterstock untuk mendapatkan lebih banyak uang untuk pekerjaan mereka.

Alasan lain untuk kekecewaan kontributor terhubung dengan algoritma peringkat Shutterstock. Jika Anda seorang pemula di Microstock, mungkin perlu beberapa bulan hingga satu tahun sebelum foto Anda dibeli oleh seseorang, dan tidak ada jaminan bahwa mereka akan dijual lagi. Itu mendemotivasi penulis baru untuk menambahkan konten mereka dan dapat mengalihkan perhatian mereka ke situs web stok lainnya.

Stok harus menyeimbangkan antara kepentingan kontributor lama dan baru, yang sama-sama menunjukkan konten peringkat teratas, konten yang diajukan di masa lalu dan yang baru dikirim, untuk merangsang aktivitas semua kelompok kontributor.

4. Menemukan peluang dan solusi tersembunyi

Membuat situs seperti Shutterstock, jangan menjadi peniru. Temukan pendekatan unik dan visi tidak standar tentang hal-hal biasa yang dapat membuka perspektif baru dalam industri microstock.

Contoh yang bagus untuk hal ini adalah Crew. co dan proyek sampingan mereka Unsplash. Ketika Crew, startup untuk mencari pekerja lepas, mereka berada dalam posisi sulit, kemudian memutuskan untuk mendesain ulang situs web mereka dan melakukan pemotretan untuk itu. Ketika mereka selesai ada beberapa foto yang tidak digunakan, dan mereka hanya memberikan secara gratis ke Internet - saat penamaan halaman web Unsplash. Mereka tidak dapat mengantisipasi bahwa dalam beberapa hari Unsplash akan muncul di Internet dengan menarik jutaan orang yang kagum, tidak hanya untuk Unsplash yang kemudian menjadi situs web stok foto gratis tetapi juga membawa klien dan pendapatan baru untuk Crew. co.

Pada 2017, Crew diakuisisi oleh Dribbble karena para pendirinya memutuskan untuk mendedikasikan upaya mereka hanya untuk Unsplash.

Contoh lain dari niche peluang dalam bisnis stok foto ditemukan oleh Snapwire yang membuka pintu bagi kontributor Instagram non-profesional yang kemudian memberi kesempatan untuk memanfaatkan pekerjaan mereka. Situs web ini dengan murah hati memberikan anggotanya hingga 70% dari setiap penjualan foto. Selain itu, ada layanan bagi perusahaan untuk mengirim kontes untuk mendapatkan konten khusus dari komunitas. Popularitas stok foto seluler meningkat, dan aplikasi baru muncul. Berikut ini hanya beberapa di antaranya: Twenty20, Foap, Clashot, EyeEm, Scoopshot.

5. Program afiliasi agen foto stok besar.

Anda mungkin sudah bertanya pada diri sendiri apa keuntungan komunitas stok foto gratis. Unsplash menjadi sukses tak terduga dari proyek sampingan nirlaba dan meningkatkan peringkat dan pendapatan Kru. Situs web lain seperti Pixabay atau Freepik juga menyediakan konten unduhan gratis tetapi mendapat untung karena mengalihkan ke iStock dan Shutterstock melalui tautan afiliasi mereka.

6. Atur niche yang Khusus

Anda dapat sedikit beralih dari membuat situs web fotografi stok seperti Shutterstock
dan membuat platform yang akan mengumpulkan jenis konten tertentu. 

Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Cara Mendapatkan Komisi Referral dari Shutterstock"