Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ziarah ke Syeh Ronggokusumo Ngemplak Kidul Margoyoso Pati

Saat itu, saya hanya bertugas mengantar hajat kyai Nur Kholis Bandengan karena sudah selesai dan qobulnya hajat hajat beliau. sehingga beliau melakukan hataman quran di makam mbah Mutamakin Kajen dan ziarah di Makam Syeh Roggokusumo Ngemplak Kidul kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati.
Haul Mbah Ronggokusumo

Disetiap bulan Safar, 10. dilakukan oleh masyarakat acara haulnya mbah Ronggokusumo ini. hampir setiap warga di Desa-Ngemplak-Kidul mengadakan tahlilan dan acara lainnya dalam rangka berlangsungnya Haul Syaikh Ronggo Kusumo. Mbah Syaikh Ronggo Kusumo sudah terkenal dengan penyebar agama islam di zamannya. Mbah Syeh Ronggokusumo ini juga terkenal sebagai pendiri Desa Ngemplak dan juga area sekitarnya pada waktu itu. ‎Pengurus Makbaroh (juru kunci) Mbah Ronggokusumo, bernama Kyai Imam Mukhlis Ali, menjelaskan bahwa mbah ronggo ini sudah terkenal sebagai penyiar dakwah dan pendiri Desa, Hal itu sudah diakui sejak dulu sampai sekarang. Ditambah lagi, mbah ronggokusumo juga terkenal sebagai orang yang mau menolong rakyat yang tergolong faqir miskin. 

Mbah Ronggokusumo merupakan keturunan Ningrat dari kerajaan Tuban. Terbukti di Papan Nama tertulis Raden Ronggo Kusumo dan juga bukti terdapat dalam buku tentang Mbah Mutamakkin yang juga membahas tentang Mbah Ronggokusumo ini.  Dalam buku tersebut, penulisnya M Sanusi, Tahun terbit 1980an, Mbah Syaikh Ronggokusumo terlahir di Pedesaan Mruwut, Wilayah Bejagung, Tuban. Mbah Ronggo lahir tahun 1660 M. 

Pada acara Haulnya mbah Ronggokusumo, ada sebuah kebiasaan diselenggarakan pengajian umum dan khatmil qur’an di Masjid Syaikh Ronggo Kusumo. Pengajian tersebut biasanya dihadiri para jamaah dari berbagai daerah. dan di Tanggal 10 bulan Safar biasanya diselenggarakan pelelangan kain Mori (kafan), adalah kain yang fungsinya untuk menutupi kubah makbaroh mbah Ronggokusumo. Kain ini setiap tahun di tanggal 10 Bulan Safar ini diganti dengan yang baru.

Anda bisa saja menawarkan lelang dan juga membeli kain tersebut ke panitia.

Haul Syaikh Ronggokusumo ini berlangsung tepat sama acara sedekah bumi Desa Ngemplak. Tahun 2016, acara haul mbah ronggokusumo terselenggara dengan meriah. Kirab budaya di acara haul dan sedekah bumi dapat menjadi wisata tersendiri di Desa Ngemplak Kidul. Di Acara kirab tersebut terdapat kesenian, marchingband dan partisipasi sekolah serta masyarakat.



Silsilah Mbah Ronggokusumo

Mbah Ronggokusumo adalah anak dari Adipati Tuban, Ki Ageng Mruwut. Dan Ki Ageng Mruwut adalah anak dari Sayyid Ali (Pangeran Tatir). Dan Sayyid Ali/Pangeran Tatir ini anak dari Pangeran Kusumo Negoro. Dan Kusumo Negoro adalah anak dari Pangeran Hadi Negoro (Pangeran Benowo). Dan Pangeran Benowo ini adalah anak dari Shultan Hadi Wijaya (Joko Tingkir).

2 komentar untuk "Ziarah ke Syeh Ronggokusumo Ngemplak Kidul Margoyoso Pati"