Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Haul Habib Sholeh Tanggul Berjalan dengan Lancar

Habib Sholeh Tanggul, di khauli setiap hari ahad kedua di bulan Syawal (sedangkan tanggal haul adalah 10 syawal). Acara ini selalu dipadati masyarakat baik di dalam kota maupun luar kota yang berdatangan.
Habib Sholeh lahir di desa Korbah Ba Karman, Wadi al-‘Amd, yaitu desa di-Hadramaut, Yaman, tahun 1313H. Ayah Habib Sholeh adaah AlHabib Muhsin bin Ahmad AlHamid yang terkenal dengan nama AlBakry Hamid. Yaitu seorang ulama yang dicintai rakyat yaman.

Habib Sholeh muda belajar AlQur’an dari guru, bernama AsySyeikh Said Ba-Mudhij, di desanya. Sedangkan Habib Sholeh belajar ilmu fiqih dan tasawuf dari Bapaknya sendiri.

Tahun 1921 M, Habib Soleh datang ke Indonesia. Sampai pada akhirnya menetap di Tanggul Jember. disinilah Ia mulai berdakwah sampai Ia dikuburkan di Tanggul Jember.

Bertepatan dengan Hari haulnya ini acara haul habib tanggul lancar jaya. Lahul Fatihah.

Baca juga: Ziarah KH Kholil Bangkalan Madura, Gurunya para ulama Nusantara


Ada banyak Cerita dari barokahnya para ulama. salah satunya Habib Sholeh Tanggul ini. Cerita salah satu cerita nyata yaitu dari kisah Air Sumur Barokahnya Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid Tanggul, Jember.

Diceritakan dari desa Tempeh, Lumajang, Jawa Timur, terdapat seorang wanita yang parasnya sangat cantik rupawan dan banyak pria yang menyukainya. Sehingga ada pria yang jatuh hati akan kecantikannya kemudian memberanikan diri untuk meminang wanita tersebut. Akan Tetapi, si wanita tidak menerimanya sebagai suami. Dan sontak laki-laki itu kemudian memaksa wanita untuk dijadikan istrinya. Dan tetap saja ditolak oleh gadis cantik tersebut.

Di Kemudian hari, laki-laki tersebut yang sudah sakit hati dikarenakan cintanya ditolak, akhirnya dia datang ke dukun (orang pintar) agar menyalahi wanita tersebut dengan guna-guna perempuan gila. Alhasil, si gadis tersebut terkena guna-guna yang dikirim laki-laki tersebut. Sehingga si wanita yang parasnya cantik itu menjadi orang gila. Si Gadis yang menjadi gila ini sampai dipermalukan dan sering keluar rumah tanpa busana, sehingga semua keluarga gadis tersebut kebingungan.

Pihak Keluarga berusaha berobat kemana-mana tapi tanpa hasil. Lalu ada seorang warga tetangganya menasehati dan memberitahu agar si gadis itu dimandikan di sumur habib sholeh tanggul. Orang tersebut melanjuttkan ceritanya tentang keberkahan sumur habib sholeh tanggul ini, bahwa banyak orang yang Sakit, orang yang susah Jodohnya kemudian sembuh setelah mandi di sumur itu, Alloh memberi rahmat dan kesembuhan serta cepat jodohnya.

Dengan kesepakatan keluarga si gadis tersebut, dibawalah gadis ini menuju sumur habib sholeh tanggul yang lokasinya di Tempeh lumajang, jawa timur. Setelah sampai di lokasi, mereka berziarah kepada habib sholeh sebelum memandikan. keluarganya bertawassul kepada Kanjeng Nabi Muhammad Rosulullooh Shallallaahu Alaihi Wasallam. Tawasul kepada Habib Abu Bakar Assegaf Gresik dan Habib Sholeh Tanggul. Setelah selesai berziarah kemudian gadis gila itu dimandikan dengan air sumur habib sholeh Tanggul. Al Hasil, setelah mandi baru beberapa saat kemudian gadis yang tadinya gila menjadi sembul total. si gadis kemudian sadar dan menjadi wanita sadar seperti semula.

Kisah ini, salah satu dari banyaknya cerita dari keberkahan al Habib al-qutb Sholeh bin Muhsin Al-Hamid Tanggul, Keberkahan ini juga terdapat pada atsar/peninggalannya yang masih ada sampai sekarang.

...... اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه اجمعين

update 2022
pada saat tahun kemarin sy diajak kyai ulil abhsor Saripan untuk berangkat haul habib sholeh tanggul bersama habib umar batealit. saat itu saya melakukan perjalanan yang cukup lama dan menyenangkan. walaupun jamaah yang lain dibuat kapok karena leletnya. tapi saya nikmati saja. sy bisa berziarah di berbagai tempat. 
Awalnya kita berangkat berziarah kepada yek ende Kalinyamatan Jepara, kemudian langsung ke asmoroqondi Tuban. setelah itu, berziarah ke Pasuruan. di Pasuruan ini Alhamdulillah bisa berziarah ke maqam mbah hamid pasuruan. lalu langsung menuju tujuan utama yaitu ke habib sholeh tanggul. sampai di lokasi pukul 2 pagi. Namun jamaah sudah sangat padat sekali. 

Saya turun dari bus bersama rombongan dan berjalan kaki cukup jauh menuju tempat peristirahatan yang kebetulan dekat dengan rumah putrinya habib sholeh tanggul yang masih hidup sampai hari ini (2022).  lalu di tempat peristirahatan sy bisa istirahat, sarapan pagi dan hidmat dengan acara haul sampai siang jam 1 siang. di foto atas itu adalah ketika saya numpang mandi dan sholat shubuh di rumah warga dan juga sarapan bersama KH Ulil Abshor Saripan Jepara. 

Dan untuk tahun 2022 ini, sy belum bisa berangkat karena ada kematian ibu mertua jepara yang sekarang hari haul ini belum 40 hari. mohon hadiah fatihah untuk ibunda mertua bernama Ibu Hj. Siti Aminah bin Sarbani serta suaminya KH. Mudhofir bin Sarno. Lahumul Fatihah. 

Posting Komentar untuk "Haul Habib Sholeh Tanggul Berjalan dengan Lancar"