Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Haul Mbah KH Moh Hasan bin Syamsuddin Genggong Probolinggo

 Mbah Kh Muhammad Hasan bin Syamsuddin bin Quiduddin Al Genggongi Probolinggo malam ini haul yang ke 70 di tahun 1444 Hijriyah. Pelaksanaan haul mbah hasan genggong ini diadakan setiap tanggal 11 Syawwal. 

Mbah hasan genggong ini mempunyai banyak karya, salah satu yang kami baca adalah kitab Akidah At-Tauhid. Dalam kitab tersebut menjelaskan tentang akidah yang dianutnya dan menunjukkan beliau adalah penganut imam Al Asy'ari.

KH Muhammad Hasan al Genggongi al Kraksani berkata:

وجودُ ربي الله اولُ الصفات # بلا زمان ومكان وجهات
فإنه قد كان قبل الأزمنة # وسائر الجهات ثم الامكنة

"Adanya Tuhanku (Allah) adalah sifat-Nya yang pertama, ada tanpa masa, tempat dan arah, Karena Allah ada sebelum semua masa, semua arah dan semua tempat" (Lihat: Aqidah at Tauhid hal 3)


Mbah KH Muhammad Hasan Genggong adalah pendiri pondok pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo yang dikenal sebagai seorang wali yang banyak memiliki karomah.

Dalam perkataan di kitab Akidah At Tauhid hal 3 tadi, beliau menegaskan bahwa Allah ta'ala ada tanpa zaman, ada tanpa tempat dan ada tanpa arah. Secara akal menurut beliau, hal itu karena Allah ada sebelum terciptanya zaman, tempat dan arah tanpa zaman, tempat dan arah. Jika akal menerima adanya Allah tanpa zaman, tempat dan arah sebelum terciptanya zaman, tempat dan arah maka akal juga dapat menerima adanya Allah tanpa zaman, tempat dan arah setelah terciptanya tempat.

Inilah yang kami ikuti dari beliau bahwa memegang teguh akidah ahlussunnah wal jamaah sebagaimana gurunya yaitu Mbah Kholil Bangkalan. 


Mengenai kisah kewaliannya sudah banyak sekali yang menceritakan di berbagai media dan sumber. Kami ingin mengingatkan kepada para pembaca bahwa Akidah mbah Hasan Genggong inilah yang harus kita ikuti, yaitu meyakini bahwa Allah Ta'ala Ada Tanpa Tempat. Allah Ta'ala Ada Tanpa Arah. Allah Ta'ala ada Tanpa waktu. Allah tidak bisa dibayangkan. Allah Ta'ala tidak serupa dengan apapun. Dan tidak ada satupun yang menyerupai Allah Ta'ala. 

Mbah Hasan genggong wafat di usia 115 Tahun. sebagaimana tercantum di makbarohnya ketika anda berziarah akan keterangan yang tertulis di pusaranya. 
Mbah hasan Genggong lahir tepat tanggal 27 Rajab 1259 H. dan wafat tanggal 11 Syawwal 1374 Hijriyah. Lahul Faatihah.

Posting Komentar untuk "Haul Mbah KH Moh Hasan bin Syamsuddin Genggong Probolinggo"