Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips untuk Meningkatkan Kinerja Modem dan Router Internet

Di setiap kantor seringkali ditemukan Modem dan juga router untuk jaringan internet. Namun seringkali diabaikan dengan kinerjanya yang memang jarang dilihat. Modem ini, biasanya bersembunyi di sudut kantor, berkedip. Lalu bagaimana modem dan router Anda yang bekerja keras bisa ditingkatkan kinerjanya?

Untuk sebagian besar pemilik usaha kecil, perangkat ini hanyalah bagian dari layanan internet yang Anda bayar...dan selama mereka tetap terhubung ke kantor, Anda mungkin tidak terlalu memikirkannya. Tetapi sedikit pengetahuan dapat membantu kantor Anda berjalan lebih efisien (dan menghemat beberapa rupiah). 

Berikut adalah tiga tip modem dan router cepat untuk mendapatkan nilai dan kinerja terbaik dari perangkat jaringan ini.

1. Nyalakan Ulang Modem dan Router Anda Setiap Bulan

Komputer Anda lamban? Restart saja. Sama halnya dengan modem dan router Anda. Seperti komputer, mereka menggunakan memori, prosesor dan sistem operasi, dan harus di-boot ulang sesekali untuk meningkatkan koneksi yang lambat dan kehilangan sinyal yang terputus-putus.

Kami bukan satu-satunya yang menyarankan reboot bulanan. Anda harus me-restart router Anda secara teratur untuk menonaktifkan malware yang berpotensi berbahaya yang disebut VPNFilter, yang dirancang untuk menginfeksi router dan perangkat penyimpanan yang terhubung ke jaringan tertentu. Untuk alasan ini saja, ada baiknya meluangkan waktu untuk mencabut dan memasang kembali modem dan router Anda. Ini hanya membutuhkan beberapa menit dan dapat menghindarkan Anda dari sakit kepala selama berjam-jam karena lambatnya jaringan internet.

Koneksi internet yang tidak stabil disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya :

  • Melebihi batas pemakaian
  • Pengguna terlalu banyak
  • Suhu modem terlalu tinggi
  • Redaman tinggi
Oleh Karena itu, perlu dilakukan refresh by system atau refresh manual, yaitu restart modem Anda.

2. Pilihan Membeli dan Menyewa Modem dan Router

Sudahkah Anda memperhatikan tagihan Penyedia Layanan Internet (ISP) Anda? Kemungkinan Anda membayar biaya bulanan untuk modem atau router Anda. Anda harus mempertimbangkan manfaat dari membeli peralatan Anda sendiri. Anda dapat membeli modem atau router secara terpisah atau Anda dapat membelinya sebagai satu unit yang disebut "wireless gateway". Total biaya bervariasi, tergantung pada apakah Anda menggunakan jaringan Internet seperti Indihome atau perlu menambahkan ekstender, yang dapat bertambah, tetapi seiring waktu, investasi dapat terbayar.

Anda juga harus ingat bahwa ada manfaat untuk menyewa juga. Jika modem Anda rusak atau usang, Anda dapat menukarnya dengan upgrade. ISP Anda juga siap untuk mengatasi masalah apa pun yang muncul. Bahkan mungkin modem Anda termasuk dalam kontrak Anda dan tidak ada biaya bulanan untuk memulai. Sekali lagi, lihat tagihan kabel terbaru Anda dan cari tahu mana yang paling cocok untuk Anda.

3. Gunakan Kembali Modem dan Router Bekas

Baru saja membeli router baru atau menerima yang diperbarui dari ISP Anda? Jangan buang yang lama, gunakan kembali. Jika router lama dapat mendukung kecepatan yang lebih baru dan lebih tinggi, ada beberapa kegunaan baru yang dapat Anda temukan untuknya. Anda dapat menggunakannya sebagai perluasan jangkauan untuk melengkapi jaringan baru Anda. Anda dapat mengaturnya sebagai koneksi Wi-Fi tamu, yang akan mencegah pengguna luar mengakses perangkat apa pun di jaringan Anda; atau menggunakannya sebagai saklar jaringan murah. Ketika datang ke router lama Anda, ada gunanya mendaur ulang! Semakin Anda merawat modem dan router Anda, kinerja akan semakin maksimal.

Posting Komentar untuk "Tips untuk Meningkatkan Kinerja Modem dan Router Internet"