Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengisi Pajak Adsense W-8BEN dengan benar

Mulai tahun ini, 2021, bulan april, semua pengguna adsense di seluruh dunia bahkan di indonesia, diwajibkan mengisi formulir pajak. Pajak ini sudah terhubung dengan 2 negara. yaitu negara kita sendiri dan negara amerika. Jadi bagi yang mempunyai akun adsense, dianggap sebagai mitra adsense akan diwajibkan untuk mengisi formulir pajak

Kebijakan ini merupakan kebijakan perusahaan google dengan negaranya yang mengharuskan membayar pajak. jadi setiap pengguna fasilitas google akan dikenai pajak, tak terkecuali adsense. 

Jika Anda adalah kreator di luar AS, Anda mungkin akan mulai dipotong pajak dari penghasilan Anda di AS akhir tahun ini. Google bertanggung jawab berdasarkan Bab 3 kode Pendapatan Internal AS untuk mengumpulkan informasi pajak dari semua pembuat konten yang melakukan monetisasi di luar AS dan dalam kasus tertentu, untuk memotong pajak saat pembuat konten ini memperoleh penghasilan dari pemirsa di AS. Penghasilan AS ini dapat berasal dari iklan dilihat. YouTube Premium, Super Chat, Super Stickers, dan langganan channel.

Bagi anda yang belum mengisi form tax ini, Anda akan diminta untuk mengirimkan informasi pajak Anda di AdSense. Inilah yang perlu Anda lakukan:

  • Anda harus login di akun AdSense, kemudian buka ke pembayaran
  • Dan kemudian klik kelola pengaturan
  • Anda akan melihat opsi untuk mengelola informasi pajak A.S. Anda

Melalui serangkaian pertanyaan, itu akan menentukan formulir pajak mana yang harus Anda kirimkan.

Untuk individu, ini terutama akan menjadi formulir W-8BEN, sementara perusahaan terutama akan menggunakan formulir W-8BEN-E. Catatan: Meskipun Anda dibayar oleh MCN, Anda tetap harus mengajukan informasi pajak.

mari mulai mengisi dengan klik tombol add tax info. maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini;
anda harus mengisi, Individu dan No lalu next, atau lanjutkan;
baru mulai mengisi jenis tax w-8ben. berikut cara pengisiannya;

anda harus mengisi identitas nama asli anda. Negara Indonesia, dan untuk kolom TIN bisa diisi dengan no NPWP atau dengan No NIK pada KTP.  Lalu lanjutkan;
Anda harus menyiapkan KTP dan mengisi alamat lengkap di pengisi pajak adsense ini. setelah itu, centah diawah alamat agar sama dengan alamat untuk pengiriman pos.
setelah itu klik lanjutkan atau next;

pada kolom ini anda harus mengisi yes dan isi negara Indonesia, karena setiap pajak akan dipotong oleh 2 negara yang berhubungan. dari amerika dan negara si pembuat konten itu sendiri. Karena KITA orang Indonesia maka isi Indonesia. baru kemudian kita menentukan harga potongan pajak;



dengan menentukan harga 0 persen, 10 persen, dan juga 10 persen maka setiap penghasilan setiap bulannya akan dipotong sebagaimana aturan pajak tersebut. kemudian klik next;
pada dokumen preview ini akan ditampilkan hasil pengisian sementara. jika sudah fix maka centang pada konfirmasi tersebut.
isikan nama asli yang sudah diisi tersebut dengan nama asli lalu klik yes dan kemudian next untuk melanjutkan.
pilih no dan centah yang dibawahnya dan untuk status pilih sesuai gambar tersebut. kemudian submit atau kirim untuk pengajuan tax.
hasil dari submit akan direview dan jika sudah disetujuai maka tertulis APPROVED dan jika masih ada yang salah akan ada pemberitahuan untuk diperbaiki. 

APA YANG TERJADI JIKA FORMULIR PAJAK ANDA TIDAK DIKIRIM?

Jika Google tidak memiliki formulir pajak dari Anda pada saat perubahan ini berlaku, Google akan diwajibkan oleh undang-undang untuk menganggap Anda orang AS. Ini berarti sampai Google memiliki informasi pajak yang lengkap, mereka harus menahan hingga 24% dari total penghasilan Anda di seluruh dunia, bukan hanya penghasilan Anda di AS.

Beberapa negara memiliki perjanjian pajak dengan AS yang berpotensi mengurangi tarif pemotongan pajak atas pendapatan Anda. Jadi, jika Anda mengirimkan info pajak Anda dan mengklaim manfaat perjanjian, tarif pajak Anda mungkin akan berkurang. Misalnya, mitra di Inggris Raya atau Kanada mungkin memenuhi syarat untuk tarif 0%, sementara mitra di Meksiko atau Korea mungkin memenuhi syarat untuk tarif pajak 10%.

5PM NETWORK

Jaringan Multi-Saluran (MCN) dari 5PM adalah salah satu dari sedikit pengecer di Belanda yang menawarkan kesempatan kepada penerbit dan merek untuk menjual ruang iklan YouTube mereka sendiri kepada mitra iklan dan dengan demikian meningkatkan pendapatan iklan mereka. Untuk pelanggan yang sudah terhubung ke Jaringan 5PM, semuanya sudah diatur, dan untuk pelanggan yang belum terhubung, masih ada kemungkinan untuk terhubung dan mendapatkan keuntungan dari keuntungan yang ditawarkan jaringan.

Kewajiban Perpajakan Dalam Negeri

Tax Treaty atau di Indonesia yaitu Persetujuan Penghindaran Pengenaan Pajak Berganda (P3B) adalah pajak dilakukan oleh 2 negara yang saling bermitra antara negara asal dan negara domisili yang mana satu dua tujuannya adalah untuk menghindari pengenaan pajak berganda dan pertukaran infromasi.

Pada Tax google adsense ini adalah merupakan percontohan penerapan perjanjian penghindaran pajak berganda antara US (domisli google) dan Indonesia (domisili penerima penghasilan).
Walau demikian, ketika ada seorang youtuber yang berdomisili di Indonesia bisa memanfaatkan perjanjian ini untuk tidak di lakukan pemotongan pajak oleh pihak negara sumber, maka bukan berarti itu mengugurkan kewajiban perpajakan-nya didalam negeri.

Ingat, salah satu manfaat dari tax treaty ini adalah pertukaran informasi.

semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Cara Mengisi Pajak Adsense W-8BEN dengan benar"