Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memaksimalkan Youtube Merchandise Untuk Menambah Penghasilan

Disinilah semua yang perlu Anda ketahui tentang Merchandise YouTube.

Pada bulan Juni tahun lalu, YouTube mengumumkan bahwa mereka meningkatkan cara pembuat konten dapat menghasilkan uang dengan platform. Sumber pendapatan selain iklan bisa berasal dari member yang berlangganan channel atau Merchandise YouTube.

“Iklan bukan satu-satunya sumber pendapatan yang tersedia bagi pembuat konten; pada kenyataannya, mereka telah menghasilkan uang dari banyak sumber lain selama bertahun-tahun. Kami ingin mendiversifikasi opsi monetisasi Anda di YouTube, jadi sekarang kami menawarkan alat seperti Super Chat, Anggota Saluran, dan integrasi rak merchandising dengan Teespring ” yang mereka informasikan di situs web youtube.

The 'merchandising' untuk pembuat konten YouTube selalu ada. Itu adalah bagian dari bisnis banyak 'YouTuber'. Yang dicari YouTube Merchandise adalah penjualan produk dilakukan di dalam platform.

Oleh karena itu, Merchandise YouTube memungkinkan penjualan langsung dari dalam chanel. Untuk itu, YouTube telah bermitra dengan Teespring, situs web yang mengkhususkan diri dalam merchandising yang akan menawarkan lebih dari 20 produk untuk disesuaikan oleh pengguna.

Saat YouTube mengumumkan pembaruan ini, Merchandise YouTube hanya tersedia untuk pembuat konten di Amerika Serikat. Namun, seperti yang diumumkan oleh Teespring, itu juga telah tersedia di Eropa sejak November melalui Merch Self. Di bawah setiap video, Anda dapat melihat produk yang dijual. Dan sekarang sudah masuk di Indonesia. Anda bisa mengaktifkan sekarang juga.

Dua persyaratan untuk menggunakan Youtube Merchandise

Tidak semua pembuat konten akan dapat menjual item yang berbeda melalui platform. Anda akan perlu:

  1. Minimal 10.000 subscriber.
  2. Untuk menjadi bagian dari Program Mitra YouTube.

Ini akan mengubah platform menjadi toko virtual (walaupun Anda masih harus melakukan pembelian langsung melalui Teespring). Merchandising tidak akan masuk untuk semua channel, tetapi dapat menjadi sumber pendapatan yang besar untuk beberapa pembuat konten.

Contohnya adalah Lucas the Spider, saluran YouTube yang hanya memiliki 10 video dengan animasi arakhnida yang menghasilkan lebih dari $1 juta dalam waktu kurang dari sebulan.

Bagaimana cara kerja Youtube Merchandise?

Menurut YouTube, Teespring akan tetap menjadi bagian dari penjualan. Harga ini bervariasi sesuai dengan barangnya. Cara kerjanya adalah sebagai berikut: ada harga tetap per item terjual yang diambil Teespring, tetapi pencipta dapat menetapkan harga berapa pun yang dia inginkan untuk item tersebut.

Misalnya, harga dasar satu kemeja adalah $10,22, tetapi biasanya dijual seharga $22. Namun, jika kreator menjual 200-499 kaos, harga dasarnya diturunkan menjadi $9,82, sehingga margin keuntungan lebih tinggi.

YouTube juga memiliki perjanjian dengan Teespring di mana platform sosial menerima komisi untuk penjualan tersebut, persentase tetap yang kecil. Manfaat yang sebagian besar waktu dikembalikan kepada pencipta.

Pengembalian ini bertujuan untuk mendorong pemilik saluran untuk menjual barang dagangan mereka melalui sosial media itu sendiri dengan membuat komisi dari apa yang mereka peroleh lebih banyak daripada jika mereka melakukannya melalui situs web mereka sendiri atau platform lain.

Selama pengujian beta, Teespring melaporkan bahwa ada tingkat keberhasilan 82% untuk pengguna YouTube yang menggunakan layanan merchandising.

Barang dagangan apa saja yang bisa dijual di Youtube Merchandise?

Anda bisa menjual hampir semua hal. YouTuber telah beralih dari menjual t-shirt menjadi menulis novel mereka sendiri. Produk yang paling umum adalah:

  • kaos.
  • Tas.
  • Poster.
  • Stiker.
  • Piala.
  • Buku.
  • Gelang.

Jenis produk ini biasanya yang paling mudah dijual. Bagaimanapun, setiap pengguna saluran dapat menjual apa yang paling menarik minat mereka, selama mereka menganggapnya relevan bagi pemirsa.

Tips untuk menjual di Youtube Merchandise

1.- Pikirkan pengikut Anda

Apa yang disukai subscriber Anda? Apakah mereka meminta sesuatu yang khusus? Kemungkinan besar, jika Anda memiliki cukup banyak pengikut, pasti seseorang di beberapa titik telah meminta kemeja atau sesuatu dari Anda.

Libatkan mereka dalam prosesnya. Anda bahkan dapat mengatur kontes desain di antara pengikut Anda baik bagi mereka untuk membuat beberapa desain yang akan Anda jual atau bagi mereka untuk memilih desain yang ingin mereka lihat di toko online Anda.

Yang penting dalam hal ini adalah Anda mempertimbangkan untuk menjual produk yang Anda tahu akan mereka sukai. Mereka harus terkait dengan Anda dan merek Anda. Bagaimanapun, mereka mengikuti Anda karena mereka menyukai siapa Anda.

2.- Analisis pesaing Anda

Apa yang orang lain jual? Bisakah Anda menambahkan sesuatu yang baru ke industri ini? Menganalisis persaingan dapat berfungsi untuk menginspirasi Anda dalam apa yang dilakukan orang lain atau bahkan menciptakan sesuatu untuk membedakan Anda.

Apa pun yang Anda lakukan, selalu fokuskan upaya Anda untuk mengejutkan pengguna Anda. Mereka mengikuti Anda di saluran Anda karena mereka menyukai apa yang Anda lakukan, tetapi jika mereka menganggap Anda merancang produk yang tidak menarik, mereka tidak akan membelinya.

3.- Jadilah kreatif

Jika Anda menggunakan YouTube, kemungkinan Anda kreatif. Untuk membuat konten baru dan menarik setiap minggu Anda harus cukup kreatif.

Gelang dan cangkirnya bagus, tapi sangat umum. Jika, misalnya, Anda memiliki hewan peliharaan yang disukai pengikut Anda, Anda dapat membuat boneka binatang. Atau jika saluran Anda tentang kecantikan, Anda dapat membuat lipstik pribadi Anda sendiri.

Apa yang membuat saluran Anda populer? Apa yang membuat Anda berbeda dari orang lain? Gunakan sesuatu yang unik untuk saluran Anda. Lihat di komentar Anda, apa yang disukai orang? Apakah mereka membicarakan sesuatu yang khusus?

4.- Menghasilkan barang dagangan berkualitas tinggi

Penting untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi. Tidak ada yang mau membayar untuk kemeja yang akan rusak dalam beberapa minggu. Ini sangat penting saat ini. Jangan menjual kunci atau cangkir berkualitas buruk yang tidak dapat dimasukkan ke dalam mesin pencuci piring.

Anda harus memikirkan segalanya. Desainnya harus cantik dan kreatif, tetapi yang terpenting, harus produk yang berkualitas. Tidak ada yang suka membayar sesuatu yang langsung rusak.

Selain itu, tidak ada yang lebih menimbulkan ketidakpercayaan selain menerima produk yang rusak setelah menunggu berhari-hari (atau berminggu-minggu) sampai produk itu tiba. Sebuah nasihat yang baik, bahkan jika tampak jelas, adalah untuk menghasilkan barang-barang yang akan Anda beli secara pribadi.

5.- Mengandalkan seseorang yang tahu tentang produksi produk

Jika Anda ingin melakukannya dengan baik, Anda mungkin memerlukan bantuan orang lain. Anda dapat mengedit video atau membuat thumbnail di Photoshop tetapi itu tidak berarti Anda tahu cara mengembangkan produk.

Melakukannya berarti mengetahui masalah desain, mencetak T-shirt, kain, ukuran, produsen, pabrik untuk mengembangkan produk Anda, dll.

Membuat sebuah produk, selain desain, memiliki banyak tahapan yang harus Anda kendalikan. Sulit jika Anda tidak tahu bagaimana menangani seluruh proses penciptaan, desain dan produksi. Anda dapat bermitra dengan seseorang untuk membantu Anda melalui seluruh proses pembuatan.

Sebuah kemeja yang dibuat dengan kain pasar terbaik tidak layak jika memiliki desain yang buruk. Atau ukuran yang dirancang dengan buruk. Seorang desainer profesional dapat membantu dengan produk Anda, sehingga mereka tidak memiliki masalah apapun.

Promosikan Merchandise Anda

Tidak ada yang bisa membeli barang Anda jika Anda tidak mempromosikannya. Rencana promosi yang jelas adalah membuat video yang mengumumkan peluncuran barang dagangan Anda.

Tapi itu tidak cukup. Video yang membicarakan produk Anda tidak akan membuat Anda menjual ribuan produk. Anda akan membutuhkan lebih banyak. Ingatlah bahwa Anda berada di YouTube karena ingin menghasilkan konten yang Anda sukai, bukan untuk menjadi saluran promosi. Berikut adalah beberapa ide untuk mempromosikan produk Anda tanpa memengaruhi saluran Anda:

  • Konten spesifik. Buat video tentang produk Anda. Tunjukkan kepada pemirsa seperti apa tampilan produk Anda dan mengapa Anda memilih desain tersebut. Jangan lupa untuk menambahkan ajakan bertindak yang kuat untuk memberi tahu penggemar Anda tentang di mana mereka dapat membelinya. Pertimbangkan tren SEO untuk YouTube untuk memposisikan konten Anda.
  • Gunakan Sosmed untuk mempromosikan produk Anda (selain video Anda).
  • Berkolaborasi dengan YouTuber lain untuk saling mempromosikan produk.
  • Tinggalkan tautan di setiap deskripsi, tetapi jangan sebutkan. Promosikan koleksi produk Anda dalam deskripsi video dan saluran Anda. Gunakan bahasa yang sesuai dengan merek Anda.
  • Gunakan produk Anda untuk video Anda atau untuk jejaring sosial Anda, tetapi jangan menyebutkannya.

Mulai gunakan Youtube Merchandise untuk menjual produk Anda dengan konten asli. Menjadi influencer dan menerapkan strategi pemasaran influencer akan membantu Anda memposisikan konten dan produk Anda. 

Posting Komentar untuk "Cara Memaksimalkan Youtube Merchandise Untuk Menambah Penghasilan"