Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melengkapi Chanel Youtube yang Baru dibuat Langsung Melejit

Youtube sudah melejit sampai pada titik teratas setelah google sejak berdirinya sampai hari ini. Platform berbasis video ini masih menduduki posisi teratas alias masih di puncaknya, walaupun sekarang banyak aturan yang sangat ketat untuk para kreator youtube. Akan tetapi yotube masih menjadi idola bagi milenial.

Untuk anda yang hari ini belum punya youtube sama sekali bahkan masih baru, tenang saja, ikuti saja langkah yang kami tunjukkan untuk anda. Cara mendaftar Youtube untuk para pemula.

1. Daftar Email Gmail

Langkah pertama ini bisa Anda lewati jika anda sudah punya email Gmail, atau jika Anda pernah ke Baned youtubenya maka sebaiknya buat email baru lagi. Langkahnya cukup mudah, namun hal yang perlu dipersiapkan adalah nomor HP untuk verifikasi agar email yang didaftarkan tidak dianggap spam. Karena google sangat anti dengan spam. Anda boleh memakai device smartphone, laptop, pc atau lainnya untuk mendaftar email Gmail tersebut.

ingat ya, siapkan nomor Handphone untuk verifikasi email. Langkah membuat email gmail adalah dengan membuka alamat gmail dot com dan kemudian klik daftar dalam bahasa indonesia, sign up dalam bahasa inggris. Lalu ikuti dan isi apa yang ada kotak pengisian. selesai diisi jangan lupa cantumkan nomor HP yang sudah disiapkan kemudian klik daftar atau sign up. kemudian verifikasi ke nmor hp.

Setelah selesai mendaftar email gmail, jangan langsung daftar youtube, biarkan sampai 1 hari email ini untuk aktif agar tidak dianggap spam jika langsung daftar youtube, walaupun anda sudah memverifikasi email dengan nomor hp. Ingat ya!! biarkan email gmail anda Aktif dalam waktu 24 Jam terlebih dahulu.

Dalam proses menunggu 24 jam aktif email pun ini jangann langsung digunakan untuk mengirim email, tetapi anda diperbolehkan menyebarkan alamat email baru Anda ke kolega atau network Anda untuk dapat menerima email. Hal ini jika langsung digunakan untuk mengirim email juga dikhawatirkan akan terdeteksi spam. Karena pihak google punya bot email untuk menghilangkan email yang dianggap spam dengan cara memblokirnya.

2. Daftar Youtube

Setelah Anda menunggu sampai pada 24 jam atau 1 hari aktif email anda, maka Anda sudap diperbolehkan untuk mendaftar youtube. Kenapa harus menunggu sampai 24 jam?

Jawabannya adalah pertama agar tidak dianggap spam, yang kedua adalah agar youtube bisa menjadi tahan banting dalam mengupload video. ok paham ya!!

Ketika mendaftar youtube maka langsung ke alamat youtube dot com. Kemudian Sign in (Masuk). Untuk masuk ke youtube anda harus memakai alamat email yang sudah didaftarkan kemarin hari.

Setelah masuk youtube, Anda akan ditunjukkan pendaftaran nama youtube sesuai nama email yang sudah didaftarkan. Langsung daftar saja menggunakan nama email dak masalah. Karena nanti youtube yang kita pakai bukanlah youtube yang pertama kali kita daftar, tetapi pendaftaran youtube yang kedua yaitu dengan menggunakan brand channel. (misal di facebook yaitu memakai fanpage atau halaman facebook).

Sebelum mendaftar youtube yang kedua atau brand Channel, maka isi dan lengkapi terlebih dahulu youtube yang pertama ini dengan minimal 2 video terlebih dahulu. Siapkan Video dengan durasi minimal 10 detik. upload 2 video tersebut di chanel youtube yang pertama ini.

Setelah selesai upload 2 video, maka siapkan video utama yang mau diupload di chanel yang akan dipakai di pendaftaran youtube kedua ini. durasi yang diutamakan minimal 3 menit. Siapkan juga 2 video. Lalu Anda daftar Nama Chanel di Brand Chanel ini. Siapkan Nama Chanel yang akan didaftarkan.

Caranya adalah sebagai berikut:
1. Klik nama chanel bagian kiri atas. kemudian Cari Tombol gear, atau Channel Setting (pengaturan Youtube) klik Channel setting tersebut.
2. setelah Muncul gambar diatas kemudian klik link Add or Manage Your Chanel(s). Artinya (s) ini kita diperbolehkan membuat banyak Brand Channel. Nah disini kita mulai buat yang pertama. Setelah diklik Akan muncul halaman seperti gambar ini:
3. Kemudian klik + Create a New Channel. Lalu isi Nama Channel sebagaimana yang dikehendaki dan kemudian ikuti seperti yang mendaftar pertama. setelah selesai, Anda sekarang mempunyai 2 Chanel, yaitu Chanel utama (yaitu yang pertama dan Bukan Brand Channel). Chanel pertama ini tidak usah dipakai. Kenapa? untuk Keselematan jika terjadi badai banned masal ke depan agar aman. Dan Channel kedua adalah Brand Chanel Youtube yang baru saja didaftarkan ini.

Oke, setelah itu, isi atau upload dengan 2 video yang sudah disiapkan dan lengkapi pengisian chanel youtube tersebut. di artikel selanjutnya kita akan bahas Cara melengkapi Chanel youtube agar bisa seo friendly. Jangan Lupa Komen untuk diskusi lebih lanjut.!!

Di artikel Cara mendaftar Youtube sudah saya jelaskan sampai pada Chanel baru. Sekarang kita akan melengkapi Chanel yang sudah dibikin tadi menjadi lebih elegan dan profesional. Pertama yang perlu dipersiapkan adalah 2 buah video untuk diupload saat itu juga.
ok mari mulai melengkapi:

3. Mengisi Foto / gambar Channel Art

Pada Channel art ini bisa dimodifikasi sesuai kriteria masing-masing. tetapi pada dasarnya ada standar yang harus digunakan, yaitu mengikuti Standar dimensi Channel Art Channel youtube. Pada dimensi ini bisa kita optimalkan dengan dimensi :
lebar 2560 piksel kali 1440 piksel.
Ingatlah bahwa Channel Art ini akan terlihat berbeda pada tampilan desktop, seluler Mobile, dan TV.
Meskipun cukup melelahkan untuk mencoba mendapatkan ukuran banner tepat di desktop Anda, Anda perlu memastikan bahwa Channel Art Anda terlihat hebat di beberapa jenis perangkat dan browser. Karena akan ditampilkan secara berbeda di semua perangkat, ini merupakan ide bagus untuk mengikuti rekomendasi ukuran resmi YouTube untuk ukuran Channel Art YouTube yang ideal.

Menurut YouTube, ukuran saluran seni terbaik adalah lebar 2560 x 1440 piksel. Namun ada persyaratan ukuran lain yang perlu diingat. Ini termasuk:
  • Dimensi file minimum: 2048 x 1152
  • Area aman minimum untuk teks dan logo: 1546 x 423 piksel, dengan gambar yang lebih besar mungkin dilintasi pada perangkat atau tampilan tertentu
  • Lebar maksimum: 2560 x 423 piksel, artinya “area aman” selalu terlihat meskipun ukuran layarnya besar
  • Ukuran file maksimum: 4MB (tetapi ukuran file bisa lebih kecil)

Saat menggunakan ukuran 2560px x 1440px memastikan Channel Art Anda akan pas di layar TV, di desktop, tablet, dan juga mobile atau ponsel. Lihat desain di bawah ini yang menunjukkan bagaimana Channel art Anda akan ditampilkan di berbagai perangkat.
Ok sudah jelas??? kalo sudah jelas silahkan buat dengan rumus ini, namun jika susah. Ada baiknya anda tinggal pakai yang sudah disediakan youtube di Gallery.

Anda bisa pilih 13 gambar yang sudah disediakan youtube. pilih dan simpan. Banner Channel Art ini pun bisa diubah kapan saja yang Anda mau. selesai.

4. Foto Profil youtube

kelengkapan yang kedua adalah mengisi foto profil youtube. Anda bisa upload gambar yang anda suka yang menggambarkan Yt anda isinya apa. Bebas.

Gambar profil YouTube Anda sama dengan gambar profil Facebook di YouTube, dan itu ditentukan oleh gambar profil Google+ yang dikaitkan dengan akun YouTube. Penting untuk memastikan bahwa ikon Channel yt berfungsi dengan baik dengan sampul saluran Anda karena ikon tersebut akan ditampilkan di dekat sudut kanan atas Banner Channel Art.

Untuk mengubah ikon Channel yt Anda, klik untuk melihat saluran Anda melalui studio pembuat. Saat Anda mengarahkan mouse ke ikon, Anda akan melihat pensil yang menunjukkan kemampuan untuk mengeditnya. Ketika Anda mengklik ini, Anda akan dibawa ke profil Google+ akun sehingga Anda dapat memilih gambar baru.

5. Mengisi Deskripsi Channel youtube

Setelah mengisi foto Profil, Anda harus mengisi Deskripsi Channel, yaitu mengutarakan isi dari channel youtube anda ini tentang apa. tentukan juga negara asal di About. yaitu Indonesia.

6. Isi Video dengan 2 Video

Setelah selesai mengisi deskripsi, Anda harus siapkan 2 video kemudian di upload. Setelah selesai Anda harus mengatur tampilan video pada halaman home youtube. Setiap halaman home yt anda tampilan yang belum Subscribe dan juga sudah subscribe. Ini kita Setting video pertama untuk tampilan yang belum subscribe dan video kedua bagi yang sudah subscribe.
tampilan New Visitor atau yang belum Subscribe

Ini untuk tampilan bagi yang sudah subscribe:
Channel Art YouTube diperlukan untuk menandai merek YT Anda sepenuhnya, membuatnya terlihat khas dan lebih kredibel. Jadi Siapkan Banner dan Foto Profil yang khas untuk youtube Anda.

7. Mengatur Pengaturan Lanjutan Youtube (Advanced Setting)

Setelah selesai dari langkah langkah diatas kemudian kita harus mengatur pengaturan youtube lanjutan. Langkahnya adalah sebagai berikut:
  • klik channel setting menu
  • kemudian klik Advanced 
Kemudian kita harus mengatur pengaturan negara, pastikan kita harus mengisi negara yang benar. Karena ini yang nanti sebagai bentuk negara asal chanel kita. Setelah mengisi negara, kemudian kita harus mengisi keyword channel. nah ini penting untuk harus disi. usahakan chanel kita berisi 1 nice saja, sehingga keyword yang kita isi berisi nice chanel kita tersebut. 

setelah mengisi negara dan keyword, kita harus mencentang rekomendasi youtube. agar chanel kita direkomendasikan youtube ke berbagai chanel yang sesuai dengan chanel dan video yang dibuat.

Posting Komentar untuk "Cara Melengkapi Chanel Youtube yang Baru dibuat Langsung Melejit"