Jadi ada pertanyaan dari jamaah mengenai ini... yaitu hadits qudsi:
أنَا عِنْدَ ظَنّ عَبْدِي بِي وأنَا معَهُ حِيْنَ يَذكُرنِي
Apa makna yang benar? sebelumnya bisa baca berikut ini:
محرر عن الشيخ نبيل الشريف حفظه الله تعالى ونفعنا به وجزاه الله عنا خير الجزاء
نورد بعض الأحاديث عن رسول الله صلى الله عليه وسلم ونبين المعاني ليتضح للسائل عن مكنوناتها
حديث :
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم
١- إن الله جميل يحب الجمال (أي أن الله كامل الصفات يحب من عبده التجمل بالأخلاق الحسنة والأفعال الجميلة)
٢-إن الله طيب لا يقبل إلا طيبا أو إن الله طيب يحب الطيب نظيف يحب النظافة(أي أن الله كامل في صفاته لا يقبل من عبده إلا الطيب من الصدقات أن تكون من مالا طيبا حلالا وأيضاً أن الله منزه عن النواقص يحب من عبده النظافة والتطيب والتطهّر في البدن والملبوس والأخلاق
٣-إن الله لا يمل حتى تملوا( أي أن الله كثير المغفرة فإذا اذنب العبد وتاب الى الله وجد الله توابا رحيما أي لا تقنطوا من رحمة الله ومغفرته)
٤-حديث قدسي أنا عند ظن عبدي بي (فيه إشارة الى قوة اليقين في طاعة الله والتضرع إليه) وأنا معه إذا ذكرني (أي معية النصرة والحفظ) فإن ذكرني في نفسه ذكرته في نفسي (أي أن الله يعلم الجهر وما أخفى حتى لو ذكر العبد الله في قلبه الله عالم به أي اخلصوا لله العالم اللطيف الخبير) وإن ذكرني في ملأ ذكرته في ملأ خير منهم (يباهي الله به الملائكة ويضع له القبول ويحبب الناس به) وإن تقرب إليّ بشبر تقربت إليه ذراعا وإن تقرب إليّ ذراعا تقربت إليه باعا وإن أتاني يمشي أتيته هرولة( اي هو التقرب المعنوي أي أن الله يحب من عبده الاجتهاد في الطاعات وأن يخلص له في العبادات وأن الله يرفع من شأنه حتى يكون من أصفيائه من عباده الصالحين التوابين المقبولين برحمته)
وقال الإمام الفقيه القاضي بدر الدين بن جماعة:
قول الله تعالى: {إِنَّ الَّذِينَ عِنْدَ رَبِّكَ لَا يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِهِ وَيُسَبِّحُونَهُ وَلَهُ يَسْجُدُونَ} [سورة الأعراف] الآية 206، وقوله تعالى: {مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ} [ سورة البقرة] الآية 255، وقوله تعالى: {فِي مَقْعَدِ صِدْقٍ عِنْدَ مَلِيكٍ مُقْتَدِرٍ} [سورة القمر] الآية 55، وقوله تعالى: {ابْنِ لِي عِنْدَكَ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ} [سورة التحريم] الآية 11.
وقوله تعالى: {فَغَفَرْنَا لَهُ ذَلِكَ وَإِنَّ لَهُ عِنْدَنَا لَزُلْفَى وَحُسْنَ مَآبٍ} [سورة ص] الآية 25، وقوله تعالى: {وَمَنْ عِنْدَهُ لَا يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِهِ وَلَا يَسْتَحْسِرُونَ} [سورة الأنبياء] الآية 19.
وورد ذلك في الحديث القدسي كثيرا كقوله: "أنا عند ظن عبدي بي". وقوله: "أنا عند المنكسرة قلوبهم من أجلي" ؛ كل ذلك ليس المراد به عندية الجهة، بل عندية الشرف والكرامة واﻹعانة، والجبر واللطف، ﻻ عندية الحيز والمكان؛ فإنَّ كون الرَّبّ تعالى عند اﻹنسان باعتبار الجهة والمكان محال باﻹجماع. اهـ
[112 من إيضاح الدليل في قطع حجج أهل التعطيل للفقيه المحدّث بدر الدين محمد بن إبراهيم بن سعد الله بن جماعة المتوفى 733 هجرية رحمه الله].
والله أعلم واحكم للصواب بارك الله بمن نشرها وعمها للفائدة
Dari penjelesan kitab tersebut apa sudah paham?? apa dak tahu maknya?? oke baik. akan saya jelaskan dengan bahasa indonesia.
Pertanyaan ini menuju pada hadits qudsiy : Rosululloh Shollalloohu ‘alaihi Wasallam bersabda :
يَقُوْلُ الله ُتَعَالى : أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِيْ بِيْ وَأَنَا مَعَه حِيْنَ يَذْكُرُنِيْ إِنْ ذَكَرَنِيْ فِي نَفْسِه ذَكَرْتُه فِيْ نَفْسِيْ وَإِنْ ذَكَرَنِيْ فِيْ مَلَإٍ ذَكَرْتُه فِيْ مَلَإٍ خَيْرٍ مِنْهُمْ. متفق عليه
Makna yang benar adalah:
Allah Ta’ala berfirman : “Aku (kuasa untuk berbuat) seperti harapan hamba-Ku terhadapku, dan Aku senantiasa menjaganya dan memberikan taufiiq serta pertolongan terhadapnya jika ia menyebut nama-Ku. Jika ia menyebutKu dengan lirih Aku akan memberinya pahala dan rohmat secara sembunyi-sembunyi, dan jika ia menyebutku secara berjamaah atau dengan suara keras maka Aku akan menyebutnya dikalangan Malaikat yang mulia” (H.R. al Bukhoori dan Muslim).
قَالَ الْحَافِظُ السُّيُوْطِيُّ فِى الْحَاوِىْ لِلْفَتَاوِيْ ج 1 ص 375 : وَالذِّكْرُ فِى الْمَلَأِ لَا يَكُوْنُ اِلَّا عَنْ جَهْرٍ .
"al Haafizh as-Suyuuthiy dalam kitab Al Haawiy Lil Fataawii juz II hal. 375 berkata :“Dzikir dalam berjamaah tidak terlaksana kecuali dengan bersuara keras”.
Hadits ini adalah dari Al-Imâm al-Bukhari dan al-Imâm Muslim meriwayatkan dalam kitab Shahîh masing-masing dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda:
أنَا عِنْدَ ظَنّ عَبْدِي بِي وأنَا معَهُ حِيْنَ يَذكُرنِي، فإنْ ذَكَرَنِي فِي نفسِهِ ذَكَرْتهُ فِي نَفْسِي، وإنْ ذَكَرَنِي فِي مَلإ ذكرتُه في ملَإٍ خيْرٌ منْه ، وإنْ تَقَرّبَ إلَيّ شِبْرًا تَقَرّبْتُ إليْه ذِرَاعًا، وإنْ أتَانِي يَمْشِي أتيتُهُ هَرْوَلةً.
”[Makna literal riwayat ini tidak boleh kita ambil, mengatakan: “Aku sesuai dengan prasangka hamba-Ku dengan-Ku, Aku bersamanya ketika ia menyebut-Ku, jika ia menyebut-Ku dalam jiwanya maka Aku menyebutnya dalam jiwa-Ku, jika ia menyebut-Ku dalam kelompok maka Aku menyebutnya dalam kelompok yang lebik dari kelompoknya, jika ia mendekat kepada-Ku satu jengkal maka Aku mendekat kepadanya seukuran jarak satu hasta, jika ia mendatangi-Ku dengan berjalan maka Aku mendatanginya dengan lari kecil]"
Al-Qâdlî Abu Ya’la al-Mujassim menyimpulkan dari hadits ini bahwa Allah memilki jiwa (an-nafs), yang menurutnya jiwa tersebut adalah bagian dari Dzat-Nya. Sungguh, apa yang dipahaminya ini adalah pendapat ahli bid’ah menyesatkan ; yang dengan demikian ia telah menjadikan akidah tasybîh-nya bertambah variatif dan lebih parah lagi. Orang ini tidak dapat membedakan secara bahasa antara makna “adz-Dzât” dan makna “an-Nafs”. Apakah yang mencegahnya untuk memaknai “ذكرته في نفسي” dalam makna “ذكرته أنا” [sehingga maknanya jelas dan benar, yaitu; “Siapa yang menyebut-Ku maka Aku akan merahmatinya]?”
Adapun pemahaman “تقربت إليه ذراعا” [yang secara literal bermakna “Aku (Allah) mendekat kepadanya seukuran jarak satu hasta”], dan “أتيته هرولة” [yang secara literal bermakna “Aku (Allah) datang kepadanya dengan cara berlari kecil”] adalah untuk pendekatan ungkapan [yang artinya bahwa rahmat Allah akan sangat cepat datang terhadap orang yang melakukan ketaatan kepada-Nya, maka makna teks tersebut tidak boleh dipahami secara literal]. Pemahaman ini seperti dalam firman Allah:
وَالّذيْنَ سَعَوْا فِي ءَايَاتِنَا (الحج: 51)
Pemahaman kata: “سعوا” dalam ayat ini jelas bukan dalam makna literalnya yang berarti “المشي” (berjalan), [tetapi dalam makna orang-orang yang menentang; yaitu mereka yang menentang ayat-ayat Allah].
Abu Sa’id meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda:
(قيل) إنّ اللهَ جَمِيْلٌ يُحِبّ الْجَمَالَ
[Makna literal riwayat ini tidak boleh kita ambil, mengatakan: “Sesungguhnya [Dzat] Allah itu indah, dan Dia mencintai keindahan”. Makna literal ini seakan mengatakan bahwa Allah memiliki fisik yang indah].
Para ulama berkata: “Makna “الجميل” secara bahasa [yang berlaku pada makhluk] adalah seorang yang dihiasi dengan bentuk yang indah [artinya dalam makna fisik], dan akhlak yang mulia, serta berbagai kebaikan lainnya”. Menurutku makna “الجميل” adalah yang sifat-sifatnya telah mencapai puncak kebaikan dan kesempurnaan. [Dengan demikian makna yang benar dari hadits tersebut adalah: “Allah Maha sempurna pada sifat-sifat-Nya, dan Dia mencintai kesempurnaan”
Sementara Abu Ya’la al-Mujassim mengatakan bahwa Allah tidak tercegah untuk memiliki sifat indah pada Dzat-Nya [ini artinya ia memahami indah dalam makna fisik]. Pemahaman sesat Abu Ya’la ini didasarkan kepada keyakinannya bahwa Allah memiliki fisik (bentuk) sebagaimana penafsirannya terhadap riwayat yang mengatakan
“رأيت ربي في أحسن صورة”.
Na’ûdzu billâh
Posting Komentar untuk "Kesalahan Makna Hadits Qudsi "Prasangka" yang sering dipakai Orang"