Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ruwahan di Mbah Shobib Menganti Kedung Jepara

Kemarin sabtu, 28 April 2019, sy berangkat menuju ke Makam Mbah Shobib. Nama lengkapnya Mbah Shobiburrohman.
disini, sy membersihkan diri dengan mandi. karena kamar mandinya bersih. toiletnya juga bersih. airnya juga seger. setelah mandi saya pun sholat di mushola yang ada dilokasi makam mbah shobib. Setelah selesai sholat, saya pun berziarah dengan metode merampungkan 1 juz alquran.

Alhamdulillah saya mulai juz 5 dan ternyata kurang 2 lembar sudah waktu ashar tiba. sy pun berhenti dan melanjutkan tahlil dan merampungkan dengan doa dengan bertawasul kepada para wali.
Depan mushola terdapat makam ayahanda Mbah Shobiburrohman. Lokasi pemakaman ini dinamakan makam Sago oleh pemerintah desa dan masyarakat menganti kecamatan kedung kabupaten jepara.

Entah karena apa, saya ketika mendapat kegelisahan tiba tiba ingat mbah shobib. Banyak cerita tentang beliau, ada yang mengisahkan bahwa mbah shobib ini tak pernah haji, tapi ketika masyarakat menganti berhaji, ada sebagian yang ketemu mbah shobib di saat haji di makkah.

Cerita lain, yang dikisahkan oleh Gus Mus, bahwa mbah shobib ini sering ketemu dengan Gus Mus, Bahkan Gus Mus sering didatangi oleh mbah shobib. Gus Mus ini menjadi akrab dengan mbah shobib, dan mengenalnya dengan dekat. bahkan Gus Mus sering cerita kemana mana bahwa mbah shobib ini punya jas yang besar. yang tidak layak dipandang oleh orang, karena jasnya kebesaran. Di dalam jasnya ada saku dan di setiap sakunya berisi uang yang berbeda beda jumlah. Dan setiap orang yang ditemui mbah shobib di kediaman Gus Mus, selalu di beri uang.

Ada banyak cerita lain tentang mbah shobib, yang jelas cerita cerita lainnya ini menarik sekali. sy selalu mengambil ibroh dan hikmah dari semua cerita tersebut untuk pelajaran diri saya. bagi saya berziarah kubur itu dianjurkan bahkan disunnahkan. bertawasul dengan orang sholeh juga dianjurkan. Hal ini juga diajarkan para shohabat, tabiin dan para ulama salaf di masanya.

Saya pun bertawasul, walaupun terkadang sy ke mbah shobib hanya membuang lelah di area mushola saja. hanya sekedar mengingatkan diri saya bahwa saya sendiri nanti kalo meninggal itu apakah dikenang keluarga saya atau tidak... minimal itu. 

Update:
Kemarin tanggal 19 Maret 2022, saya berziarah lagi di mbah shobib. ternyata ada banyak perubahan pada area makbaroh. yang dulunya ada kamar kamar sekarang sudah dilebur semua dan menjadi luas area makbarohnya. Jadi tidak ada lagi kamar kamar seperti dulu lagi.

Yang kedua ada makbaroh disamping kuburnya mbah shobib. Kubur siapakah itu? pengen tahu? berziarahlah

Posting Komentar untuk "Ruwahan di Mbah Shobib Menganti Kedung Jepara"