Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ngaji Talaqqi Bersama Syaikh Fadi Fuad Alamuddin Lebanon

Kemarin saya diberitahu oleh Gus Lukman, panitia Dauroh di Ponpes Al Haromain, Rajekwesi, Mayong, Jepara bahwa jumat, 11/1, ada syaikh Fadi. Beliau nanti akan baca kitab Matan Fiqh Akbar, Karangan Imam Hanafi Radliyalloohu Anhu.
Sy pun menyanggupi untuk ikut hadir dauroh di ponpes al haromain. Lalu sy pun menyiapkan alat rekam. tripod dan kamera. Hal ini sy lakukan untuk bisa merekam video syaikh saat memberi penjelasan kitab Fiqh Akbar

Pagi itu jam 8 sudah langsung di Mulai dan ternyata sy adalah yang terakhir peserta yang datang. Peserta dauroh sekitar 200 orang lebih sudah lebih dulu memenuhi masjid untuk menyambut Syaikh untuk membacakan kitab tersebut. 

Walaupun begitu, sy pun selalu ambil posisi di depan agar bisa mendengarkan dengan baik apa maksud penjelasan syaikh dan merekam menjadi video. Setelah Syaikh Fadi masuk, sy pun bersiap menyiapkan tripod untuk memasang kamera. Kamera yang saya pakai adalah kamera Hp Android Xiomi X4. dengan kapasitas memori yang cukup sedang yaitu 32 Gb. Namun sudah terpakai separohnya. Akhirnya sy hanya bisa merekam sekitar 25 menitan saja. 

Syaikh Fadi pun dengan tegas dan lugas menerangkan tentang isi kitab Fiqhul Akbar. Dimulai dari muqoddimah kitab samai dengan keimanan. Cara beriman yang benar dan menghindari kekufuran dengan cara yang benar. Penerjemahnya adalah Gus Lukman Hakim sendiri.

Sy bertemu dan bisa silaturrohim dengan para kyai dan ustad di seluruh penjuru jawa Tengah, diantaranya adalah Kyai Aziz Muslim dari Tegal, Kyai Lukman dari Demak, Ustadz Thoriq dari Pati, dan lainnya. Dari Perwakilan MWC NU Jepara juga ada untuk khidmah tholabul ilmi.

Acara pagi dari jam 8 yang dibuka oleh Gus Kutub, Kakak Pertamanya Gus Lukman, kemudian talaqqi kitab sampai dengan jam 11. kemudian dilanjutkan Jumatan, sy pun pulang dulu ke rumah untuk jumatan, kemudian acara mulai lagi jam 13.30. sampai dengan jam 16.30 WIB. Acara tersebut sudah selesai akan tetapi belum dibacakan sanad dan penyerahan sanad, Sehingga penyerahan sanad dan penutupan dimulai selepas maghrib.

Sy pun ijin dan meminta tolong sama Gus Lukman untuk menyimpankan sanad saya. karena bakda maghrib saya ada acara di rumah. oleh karena itu sy tidak menghadiri acara penutupan. 

Posting Komentar untuk "Ngaji Talaqqi Bersama Syaikh Fadi Fuad Alamuddin Lebanon"