Ziarah Sunan Katong Kaliwungu Kendal


Advertisement
Hari itu kita sebenernya mau sowan ke Mbah Dimyati tapi ternyata dak bisa ketemu, Akhirnya kita naik ke bukit Sunan Katong di Makamkan.
Saya dan Ustadz Hamzah masuk dalam area pemakaman. Disini tertulis selamat datang di Makam Kanjeng Sinuwun Sunan Katong. ternyata disini luas sekali, ada banyak makam yang bersejarah. 

Kami kemudian mengambil air wudlu di mushola Sunan Katong dan kemudian berziarah di makam Sunan Katong. 
Setiap Hari rame sekali, banyak peziarah dari dalam daerah dan luar daerah Kabupaten Kendal. Terutama kalo menepati hari jumat. Banyak yang berziarah ke sini. Saya dan ustadz hamzah masih bertanya tanya tentang sejarah dan manaqibnya sunan katong ke beberapa ulama setempat, tetapi belum mendapatkan sejarah yang komplet. 

Beberapa hari yang lalu, di bulan agustus ini sy sowan ke Pondok Pesantren APIK Kaliwungu Kendal, dan Alhamdulillah ketemu dengan Pengajar Utama yaitu Gus Sholahuddin. Panggilannya Gus Sholah. Sy banyak belajar tentang dunia pesantren dan khususnya pesantren Skill. Akan tetapi ketika saya bertanya tentang Sunan Katong, ternyata waktunya tidak cukup jika diceritakan, katanya demikian. Insyaallah di lain waktu akan sy tanya lagi tentang Sunan Katong ini.
setelah selesai ziarah dengan sunan katong, kemudian saya pun berziarah dengan mbah Juminah. Nah ini yang menjadi misteri, karena mbah Juminah ini ada juga di Sebelah selatan Makam Sunan Mantingan Jepara. Kemudian saya pun bergeser ke area pemakaman yang lain, yaitu Kyai Guru.
Setidaknya kalo berziarah ke Kawasan Sunan Katong, Butuh Waktu setengah hari atau 6 jam. Karena banyak yang diziarahi. Sunan Katong, Mbah Juminah, Kyai Guru (kyai Asy'ari). dan masih banyak lagi.
Inilah foto Ustadz Hamzah yang saya foto di Kawasan Pemakaman, Ada tiga makam yang diziarahi, Kyai Asy'ari, Pangeran Mandurejo, dan Pangeran Puger. Karena Waktu yang tidak mencukupi sehingga kami hanya berziarah Kyai Guru. dan kami sudah ikutkan semuanya di daftar tahlil yang kami bacakan.

ada satu peninggalan sunan katong yang saat ini masih ada walupun tidak murni keasliannya karena sudah diperbaiki, yaitu Musholla Sunan Katong. Konon Cerita bagi yang bertirakat atau ada semacam amalan, maka ia harus sholat disini. di Musholla Sunan Katong agar cepat terkabul hajatnya. Saya sendiri hanya memfotonya dan mengabadikan disini.
ketika waktu sudah menjelang sore.... akhirnya kami memutuskan untuk segera pulang. tetapi ketika kami keluar dari kawasan sunan katong, terdapat kawasan pemakaman lagi dibawahnya. waktu itu saya tidak memfotonya karena kamera saya baterainya habis. lain waktu insyaallah kami ingin berziarah dan mendokumentasikan semuanya.


Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ziarah Sunan Katong Kaliwungu Kendal"

Post a Comment