TERBARU

Biografi Ringkas Al Imam Abu Mansur Al Maturidiy

 الإمام الماتريدي


ترجمته:

هو أبو منصور محمد بن محمد بن محمود الماتريدي السمرقندي، والماتريدي نسبة إلى ماتريد، وهي محلة بسمرقند فيما وراء النهر.

وكان الإمام الماتريدي والإمام أبو الحسن الأشعري الإمامين الجليلين اللذين حررا عقيدة أهل السنة والجماعة بالأدلة النقلية والعقلية، وقد لقب الماتريدي بـ”إمام الهدى” و”إمام المتكلمين” وغيره من الألقاب وهي ألقاب تظهر مكانته في نفوس مسلمي عصره ومؤرخيه. ورغم ذيوع اسمه واشتهاره واشتهار فرقة الماتريدية المنسوبة إليه فقد كان المؤرخون الذين كتبوا عنه قلة.

ولم تذكر المراجع سنة ميلاده بالتحديد ولكن يمكن القول إنه ولد في عهد المتوكل الخليفة العباسي، وإنه يتقدم على الإمام الحسن الأشعري ببضع وعشرين سنة.

ولد في بيت من البيوت التي شغفت بالعلوم الدينية، فنشأ وتعلم علوم الدين منذ صغره، ولم يتقاعس لحظة في الدعوة إلى مذهب أهل السنة والدفاع عنه والتمسك به، ولم يفتر عزمه عن الاشتغال بعلم الكلام والتأليف فيه ونصب الأدلة والحجج والبراهين.

مشايخه:

إن المراجع لم تذكر إلا القليل من مشايخه الذين تلقى علومه عنهم إلا أنهم جميعًا يصل سندهم في العلم إلى الإمام الجليل أبي حنيفة النعمان، وقد ذكر صاحب “الجواهر المضيئة” أن الماتريدي تخرج بأبي نصر أحمد بن العباسي بن الحسين العياضي، وتفقه على أبي بكر أحمد الجوزجاني ونصير بن يحيى البلخي، ومحمد بن مقاتل الرازي.

أما أبو نصر العياضي وأبو بكر الجوزجاني فقد تفقها على الإمام أبي سليمان موسى بن سليمان الجوزجاني، وهذا الأخير تفقه على صاحبي أبي حنيفة: أبي يوسف القاضي ومحمد بن الحسن الشيباني اللذين تفقها على أبي حنيفة. وأما نصير البلخي ومحمد بن مقاتل الرازي فقد تفقّها على الإمامين أبي مطيع الحكم بن عبد الله البلخي، وأبي مقاتل حفص بن سلم السمرقندي اللذين تفقها على الإمام أبي حنيفة كذلك.

وأما علومه فقد دارت حول تأويل القرءان الكريم وأصول الفقه وعلم الكلام وما يتعلق به، وقد درس العلوم العقلية، كما درس العلوم النقلية درسًا متقنًا عميقًا، ووقف على دقائقها حتى صار إمامًا مبرزًا في الفقه والتأويل وعلم الكلام.

وبعد أن نال القسط الوفير من الثقافة والعلم انصرف إلى التدريس والتثقيف، فصنّف وألّف وكرّس حياته لحماية الإسلام ونصرة عقيدة أهل السنة والجماعة حتى وصفه العلماء بأنه كان إمامًا جليلاً، مناضلاً عن الدين، موطدًا لعقائد أهل السنة، قطع المعتزلة وذوي البدع في مناظراتهم، وخصمهم في محاوراتهم إلى أن أسكتهم.

مؤلفاته:

كان للإمام أبي منصور الماتريدي العديد من المؤلفات، منها ما كان في علم الكلام والعقيدة، ومنها ما كان في أصول الفقه، ومنها ما كان في تأويل القرءان.

أما في علم الكلام فله عدة مصنفات منها كتاب “التوحيد”، وكتاب “المقالات”، وكتاب “الرد على القرامطة”، و”بيان وهم المعتزلة”، و”رد الأصول الخمسة لأبي محمد الباهلي” و”أوائل الأدلة للكعبي” و”رد كتاب وعيد الفساق للكعبي” و”رد تهذيب الجدل للكعبي” وغيرها.

وأما في علم أصول الفقه فقد ذكرت كتب الطبقات وكتاب “كشف الظنون” كتابين في أصول الفقه هما: “الجدل”، وكتاب “مأخذ الشرائع في أصول الفقه” وجاء في “بدائع الصنائع” في أثناء استنباط أوقات الصلوات الخمس من قوله تعالى: {فسبحان الله حين تمسون وحين تصبحون وله الحمد في السموات والأرض وعشيًا وحين تُظهرون} [سورة الروم/ءاية 17-18] قال الشيخ أبو منصور الماتريدي السمرقندي إنهم فهموا من هذه الآية فرضية الصلوات الخمس، ولو كانت أفهامهم مثل أفهام أهل زماننا لما فهموا منها سوى التسبيح المذكور.

وأما مؤلفات الإمام الماتريدي في تأويل القرءان فمنها كتاب “تأويلات أهل السنة”، وقد ذكره بهذا العنوان صاحب “كشف الظنون”، لكن نسخة “كوبريلّي” عنونت بـ”تأويلات الماتريدي في التفسير”، وأما أصحاب الطبقات فقد ذكروه باسم “تأويلات القرءان” وهذا الاسم تحمله النسخ الأخرى الموجودة في تركيا والهند وألمانيا والمدينة المنورة ودمشق والمتحف البريطاني وطشقند. ولعل الكتاب كان يحمل الاسمين في مبتدإ الأمر فاختصره المؤرخون وأصحاب الطبقات على ذلك.

وقد وصف الإمام عبد القادر القرشي المتوفى سنة سبعمائة وخمس وسبعين للهجرة هذا الكتاب بقوله: “هو كتاب لا يوازيه فيه كتاب بل لا يدانيه شيء من تصانيف من سبقه في ذلك الفن”.

وجاء في نسخة مكتبة “خدابخش” في الصحيفة الأولى إسناد كتاب “تأويلات القرءان” إلى الماتريدي، وجاء فيما يليه مقدمة من مؤلف هذا الكتاب وعن تعريف التفسير والتأويل، وجاء في مقدمة الكتاب أيضًا ما نصه: “قال الشيخ الإمام الزاهد علم الدين شمس العصر، رئيس أهل السنة والجماعة أبو بكر محمد بن أحمد السمرقندي رحمه الله تعالى: إن كتاب التأويلات المنسوب إلى الشيخ الإمام أبي منصور الماتريدي رحمه الله كتابٌ جليل القدر، عظيم الفائدة في بيان مذهب أهل السنة والجماعة في أصول التوحيد، ومذهب أبي حنيفة وأصحابه رحمهم الله في أصول الفقه وفروعه على موافقة القرءان” ا.هـ.

وذكر صاحب “كشف الظنون” كتاب “تأويلات القرءان” تحت عنوان “تأويلات الماتريدية في بيان أصول أهل السنة وأصول التوحيد”، وصرح بأنه ثمانية مجلدات وأن الشيخ علاء الدين محمد بن أحمد هو الذي جمعه.

وجاء في “تأويلات القرءان” في تفسير قوله تعالى: {قال ربّ أرني أنظر إليك قال لن تراني} [سورة الأعراف/ءاية:143] قوله: “والقول بها [يعني رؤية الرب] لازم عندنا في الآخرة، وحق من غير إدراك ولا تفسير” ا.هـ. أي من غير تشبيه ولا كيفية.

ومن تصانيف الإمام أبي منصور الماتريدي كتاب “شرح الفقه الأكبر” وهو كتاب يُعرف محتواه من عنوانه، فقد تناول كتاب “الفقه الأكبر” لأبي حنيفة بالشرح والإيضاح والتفسير.

وفاته:

ذكر صاحب كتاب “كشف الظنون” أن الإمام الماتريدي توفي سنة ثلاثمائة واثنين وثلاثين للهجرة، غير أنه عاد بعد ذلك في مواطن أخرى فاتفق مع جمهرة المؤرخين على أن وفاته كانت سنة ثلاثمائة وثلاث وثلاثين للهجرة. وذكر عبد الله القرشي في “الفوائد البهية” بأنه توفي سنة ثلاثمائة وثلاث وثلاثين للهجرة، وأن قبره بسمرقند.

Dia (beliau) adalah Abu Manshur Muhammad bin Muhammad bin Mahmud al-Maturidi as-Samarqandi. Julukan al-Maturidiy dinisbatkan kepada Maturidiy, yaitu sebuah kawasan di Samarkand, di wilayah Ma wara’a an-Nahr (Transoxiana).

Imam al-Maturidi dan Imam Abu al-Hasan al-Asy‘ari merupakan dua imam besar yang merumuskan aqidah AhlusSunnah wal Jama‘ah dengan dalil-dalil naqli dan aqli. Abu Mansur Al-Maturidiy mendapatkan gelar “Imam al-Huda” dan “Imam al-Mutakallimin (Imam para teolog/ahli kalam)” serta gelar-gelar lainnya yang menunjukkan kedudukannya dalam hati kaum Muslimin pada zamannya dan di mata para sejarawan. Meskipun namanya sangat masyhur dan mazhab Maturidiyah yang dinisbatkan kepadanya terkenal luas, namun para sejarawan yang menulis tentang dirinya terbilang sedikit.

Sumber-sumber sejarah tidak menyebutkan secara pasti tahun kelahirannya, namun dapat dikatakan bahwa ia lahir pada masa khalifah Abbasiyah al-Mutawakkil, dan ia lebih tua dari Imam al-Hasan al-Asy‘ari sekitar dua puluh tahun lebih.

Ia lahir dalam sebuah keluarga yang mencintai ilmu-ilmu agama, sehingga sejak kecil ia tumbuh dan belajar ilmu agama. Ia tidak pernah lalai sedikit pun dalam berdakwah kepada mazhab Ahlus Sunnah, membelanya, dan berpegang teguh kepadanya. Semangatnya tidak pernah padam dalam menggeluti ilmu kalam, menulis karya-karya, serta menegakkan dalil, hujah, dan argumentasi.

Guru-guru Abu Mansur Al Maturidiyy


Sumber-sumber hanya menyebutkan sedikit dari guru-gurunya yang darinya ia menerima ilmu, namun semua sanad keilmuannya bersambung kepada Imam besar Abu Hanifah an-Nu‘man. Penulis kitab al-Jawahir al-Mudhi’ah menyebutkan bahwa al-Maturidi belajar dan lulus pada Abu Nashr Ahmad bin al-‘Abbasi bin al-Husain al-‘Iyadhi, serta belajar fiqih kepada Abu Bakr Ahmad al-Jauzajani, Nashir bin Yahya al-Balkhi, dan Muhammad bin Muqatil ar-Razi.

Adapun Abu Nashr al-‘Iyadhi dan Abu Bakr al-Jauzajani, keduanya belajar fiqih kepada Imam Abu Sulaiman Musa bin Sulaiman al-Jauzajani. Tokoh terakhir ini belajar kepada dua murid utama Abu Hanifah, yaitu Abu Yusuf al-Qadhi dan Muhammad bin al-Hasan asy-Syaibani, yang keduanya belajar dari Al Imam Abu Hanifah, Pendiri Madzhab Hanafi. Sedangkan Nashir al-Balkhi dan Muhammad bin Muqatil ar-Razi belajar fiqih kepada dua imam: Abu Muthi‘ al-Hakam bin ‘Abdullah al-Balkhi dan Abu Muqatil Hafsh bin Salm as-Samarqandi, yang keduanya juga berguru kepada Imam Abu Hanifah.

Adapun bidang keilmuannya meliputi tafsir Al-Qur’an, ushul fiqih, dan ilmu kalam beserta cabang-cabangnya. Ia mendalami ilmu-ilmu rasional (Ilmu Nalar) dan juga ilmu-ilmu naqli secara mendalam dan teliti, hingga menguasai seluk-beluknya dan menjadi seorang imam yang unggul dalam fiqih, tafsir, dan ilmu kalam.

Setelah memperoleh bagian yang besar dari ilmu dan kebudayaan, ia (beliau) mengabdikan dirinya untuk mengajar dan mendidik. Ia (beliau juga) menulis dan mengarang banyak karya, serta mendedikasikan hidupnya untuk melindungi Agama Islam dan membela aqidah Ahlus Sunnah wal Jama‘ah, hingga para ulama menggambarkannya sebagai seorang imam besar yang membela agama, mengokohkan aqidah Ahlussunnah, mematahkan argumen kaum Mu‘tazilah dan ahli bid‘ah dalam perdebatan, serta mengalahkan mereka dalam dialog hingga mereka (kaum Mu'tazilah) terdiam.

Karya-karyanya dan Buku buku Abu Mansur Al Maturidiy

Imam Abu Manshur al-Maturidi memiliki banyak karya tulis. Sebagiannya dalam bidang ilmu kalam dan aqidah, sebagian dalam ushul fiqih, dan sebagian lagi dalam bidang penafsiran Al-Qur’an.

Dalam bidang ilmu kalam, beliau memiliki beberapa karya, di antaranya: kitab At-Tauhid, Al-Maqalat, Ar-Radd ‘ala al-Qaramithah (Bantahan terhadap kaum Qaramithah), Bayan Wahm al-Mu‘tazilah (Penjelasan kesalahan kaum Mu‘tazilah), Ar-Radd ‘ala al-Ushul al-Khamsah karya Abu Muhammad al-Bahili, Awa’il al-Adillah karya al-Ka‘bi, Ar-Radd ‘ala Kitab Wa‘id al-Fussaq karya al-Ka‘bi, dan Ar-Radd Tahdzib al-Jadal karya al-Ka‘bi, serta karya-karya lainnya.

Dalam bidang ushul fiqih, kitab-kitab thabaqat dan kitab Kasyf azh-Zhunun menyebutkan dua kitab beliau dalam ushul fiqih, yaitu: Al-Jadal dan kitab Ma’akhidz asy-Syari‘ah fi Ushul al-Fiqh. Dalam kitab Bada’i‘ ash-Shana’i‘, ketika membahas penetapan waktu salat lima waktu dari firman Allah Ta‘ala:

﴿ فسبحان الله حين تُمسون وحين تُصبحون * وله الحمد في السماوات والأرض وعشياً وحين تُظهرون ﴾ سورة الروم

"[ (Maha Suci Allah) maka shalatlah kepada Allah (ketika kamu memasuki malam), yakni shalat Maghrib dan Isya' (dan ketika kamu memasuki subuh) shalat Subuh. Dan (Segala puji bagi-Nya di langit dan di bumi) (dan ketika matahari terbenam) shalat Asar (dan di tengah hari) yaitu shalat Dzuhur.](QS. ar-Rum: 17–18),

disebutkan bahwa Syaikh Abu Manshur al-Maturidi as-Samarqandi berkata bahwa para ulama terdahulu memahami dari ayat ini kewajiban salat lima waktu. Seandainya pemahaman mereka seperti pemahaman manusia di zaman kita, niscaya mereka tidak akan memahami darinya kecuali tasbih yang disebutkan dalam ayat tersebut.

Dalam bidang tafsir Al-Qur’an, di antara karya beliau adalah kitab Ta’wilat Ahl as-Sunnah. Pemilik Kasyf azh-Zhunun menyebutnya dengan judul tersebut. Namun, naskah “Köprülü” memberinya judul Ta’wilat al-Maturidi fi at-Tafsir. Para penulis kitab thabaqat menyebutnya dengan nama Ta’wilat al-Qur’an, dan nama inilah yang tertera pada naskah-naskah lain yang ada di Turki, India, Jerman, Madinah, Damaskus, British Museum, dan Tashkent. Kemungkinan kitab tersebut pada awalnya memiliki dua nama, lalu para sejarawan dan penulis tabaqat menyingkatnya pada salah satu nama tersebut.

Imam ‘Abdul Qadir al-Qurasyi (w. 775 H) menggambarkan kitab ini dengan ucapannya:

“Ia adalah kitab yang tidak ada tandingannya dalam bidang ini, bahkan tidak ada satu pun karya sebelumnya yang bisa mendekatinya.”

Dalam naskah perpustakaan “Khuda Bakhsh”, pada halaman pertama terdapat sanad penyandaran kitab Ta’wilat al-Qur’an kepada al-Maturidi. Setelah itu terdapat muqadimah dari penulis kitab tersebut tentang definisi tafsir dan takwil. Dalam muqadimah itu juga tertulis perkataan:

“Berkata Syaikh, imam yang zuhud, panji agama, matahari zamannya, pemimpin Ahlus Sunnah wal Jama‘ah, Abu Bakr Muhammad bin Ahmad as-Samarqandi رحمه الله تعالى: Sesungguhnya kitab Ta’wilat yang dinisbatkan kepada Syaikh Imam Abu Manshur al-Maturidi رحمه الله adalah kitab yang agung nilainya, besar manfaatnya dalam menjelaskan mazhab Ahlus Sunnah wal Jama‘ah dalam pokok-pokok tauhid, serta mazhab Abu Hanifah dan para sahabatnya dalam ushul fikih dan cabang-cabangnya yang sesuai dengan Al-Qur’an.”

Pemilik Kasyf azh-Zhunun juga menyebut kitab Ta’wilat al-Qur’an dengan judul Ta’wilat al-Maturidiyyah fi Bayan Ushul Ahl as-Sunnah wa Ushul at-Tauhid, serta menegaskan bahwa kitab tersebut terdiri dari delapan jilid dan bahwa Syaikh ‘Ala’uddin Muhammad bin Ahmad adalah orang yang menghimpunnya.

Dalam Ta’wilat al-Qur’an, ketika menafsirkan firman Allah Ta‘ala:

 قَالَ رَبِّ أَرِنِیۤ أَنظُرۡ إِلَیۡكَۚ قَالَ لَن تَرَانِی 

"Musa berkata; Wahai tuhanku perlihatkan kepadaku, agar aku bisa melihat-Mu, Allah berfirman; kamu tidak akan pernah melihat-Ku (di dunia)" (Surat Al-A'raf: 143)

disebutkan: “Dan keyakinan tentang hal itu [yakni melihat Tuhan] adalah wajib menurut kami di akhirat, dan itu benar tanpa disifati sifat makhluq (kaifiyat) dan tanpa penyerupaan (tasybih).” Maksudnya: tanpa menyerupakan dan tanpa menentukan bentuk atau cara.

Di antara karya Imam Abu Manshur al-Maturidiy yang lain adalah kitab Syarh al-Fiqh al-Akbar, yaitu kitab yang menjelaskan, menguraikan, dan menafsirkan kitab al-Fiqh al-Akbar karya Abu Hanifah.

Wafatnya:

Penulis kitab Kasyf azh-Zhunun menyebutkan bahwa Imam al-Maturidi wafat pada tahun 332 H. Namun, di tempat lain ia kembali dan sejalan dengan mayoritas sejarawan menyatakan bahwa wafatnya terjadi pada tahun 333 H. Abdullah al-Qurasyi dalam al-Fawa’id al-Bahiyyah juga menyebutkan bahwa beliau wafat pada tahun 333 H, dan makamnya berada di Samarkand.

Berita Terbaru
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
Posting Komentar