Inilah Makhluk Pertama Diciptakan
Makhluk Pertama Diciptakan
Ini adalah hujjah, HUJJAHNYA AHLUSSUNNAH WALJAMA'AH (asy'ariyyah maturidiyyah) bahwa NABI MUHAMMAD BUKAN DICIPTAKAN DARI CAHAYA DAN JUGA BUKAN MAKHLUK PERTAMA YANG DICIPTAKAN
Allah subhanahu wa ta’ala menciptakan makhluk tanpa membutuhkan bantuan dari yang lain dan tidak disifati dengan capek atau letih. Dan makhluk yang pertama diciptakan Allah adalah sejenis makhluk bernama air (al-maa’), namun ia bukanlah air yang selalu kita dapati di sekitar kita, kemudian Makhluk yang kedua adalah ‘Arsy.
Dan dengan adanya air maka ketika itulah adanya tempat dan waktu, namun sebelumnya, maka belum ada tempat dan juga belum ada waktu. Belum juga ada cahaya, dan juga belum ada kegelapan
Allaah ta'ala berfirman:
وجعلنا من الماء كل شىء حي
Maknanya: “Dan Aku ciptakan semua yang hidup dari air” (Surat al-Anbiya : 30)
Ayat ini berhubungan dengan kisah sekelompok sahabat dari Yaman. Pada suatu hari se-kelompok shahabat datang dari negeri Yaman menemui Rasulullah shallallaahu ‘alayhi wa sallam dengan tujuan ingin mengaji dan mendalami ilmu agama kepada Rasulullah.
Mereka kemudian mengatakan kepada beliau: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami mendatangi anda adalah untuk mengaji dan mendalami ilmu agama, maka tolong terangkan kepada kami makhluk apakah yang pertama kali diciptakan oleh Allah?”.
Maka Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam bersabda:
" كَانَ اللهُ وَلَمْ يَكُنْ شَىءٌ غَيْرُهُ وَكَانَ عَرْشُهُ عَلَى المَاءِ "
Maknanya: “Allah adalah Dzat yang Azali (ada tanpa memiliki permulaan) dan tidak ada selain Allah yang azali, dan makhluk pertama yang diciptakan Allah adalah air (sejenis makhluk namanya air), kemudian setelahnya ‘Arsy diciptakan dari air tersebut” (Diriwayatkan oleh al-Bukhari, al-Bayhaqi dan Ibnu al-Jarud).
Sebelum dilanjutkan, alangkah baiknya baca nasehat berikut:
نصيحة إلى كل عاقل
اعلم أيها الإنسانُ العاقلُ أنَّ الله تعالى أعطاكَ العقلَ وهو هيئةٌ راسخةٌ في الإنسانِ يُمَيِّزُ بها بينَ الحسَنِ والقبيحِ وبينَ ما ينفعهُ وما يضُرُّهُ فلا ينبغي للعاقِلِ أن يُهدِرَ هذا العقلَ الذي أنعَمَ الله به عليه. وإنَّ العقلَ السَّليمَ يقضي بأنَّ هذا العالم يتغيَّرُ مِنْ حالٍ إلى حال فلو نظرنا إلى الأرضِ فإنَّ حالَها في الصَّيف غيرُ حالِها في الشِّتاءِ مِنْ حيثُ اليُبوسَةُ والرُّطوبةُ وغيرُ ذلك وكذلك الإنسانُ حالُهُ في الصِّغرِ غير حاله في حالِ الشَّبابِ والكِبَرِ فإنه ينتقل من ضعفٍ إلى قوة ثم من قوة إلى ضعف ثم يموت، والعقل يقضي بأن المتغير لا بُدَّ له من مغير لأن الشىء لا يغير نفسه بنفسهِ لأنه إن قيل هذا الشىء غير نفسه لكان معنى ذلك أنه كان موجودًا قبل أن يوجدَ أي كان موجودًا باعتبار كونه مغيرًا لنفسِهِ وهذا محال وما أدى إلى المحال فهو محال فثبت المطلوب وهو أنَّ هذا العالم بكل ما فيه له خالق أوجده من العدَمِ إلى الوجود وهذا الخالق لا يشبهه بأي وجه من الوجوه.
والله تعالى كان موجودًا في الأزل أي فيما لا ابتداء له ولم يكن في الأزل شىء لا ضوء ولا ظلمة ولا إنسان ولا مَلَكٌ ولا فراغ ولا غير ذلك وهذا شىء لا يتصوره عقل الإنسان لكنَّهُ يُقِرُّ به فإنَّ العقلَ يقضي بأن المتغيرات لم تكن موجودةً في الأزل ثم أبرزها الله من العدم إلى الوجود، ثم الله تعالى خلق الماء أي أبرزه مِنَ العدم إلى الوجود وجعلَهُ أصلًا لكلِّ المخلوقات. قال الله تعالى: ﴿وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَىْءٍ حَيٍّ﴾ [سورة الأنبياء الآية: 30].
Posting Komentar untuk "Inilah Makhluk Pertama Diciptakan"