Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Optimasi Web Toko Online ke Halaman Pertama

Mengoptimalkan situs eCommerce Anda untuk mendapat peringkat tinggi di halaman hasil mesin pencari Google (SERPs) adalah salah satu konstrasi yang tinggi dari setiap pemilik toko online. Ini karena kelangsungan hidup sebuah toko online tergantung pada apakah itu terlihat oleh pelanggan potensial. Optimisasi mesin pencari (SEO) diketahui menghasilkan ROI yang tinggi untuk setiap kampanye pemasaran yang Anda lakukan untuk membawa visibilitas dan konversi ke toko online Anda. Itu tidak memerlukan biaya berulang tetapi bagi Anda untuk berusaha. Dan ketika situs Anda mulai berperingkat tinggi, penjualan akan mulai mengalir selama halaman Anda masih aktif.

Jadi, apakah Anda baru memulai di toko online Anda, atau Anda sedang mencari cara untuk meningkatkan toko yang sudah ada, posting ini akan memberi Anda strategi SEO yang relevan untuk membantu toko online Anda mendapat peringkat tinggi di Google.

Mari kita mulai.

1. Research Keyword

Ini adalah langkah pertama untuk situs apa pun yang berniat menjalankan kampanye SEO yang efektif. Dan inilah alasannya:

Penelitian kata kunci membentuk dasar dari setiap tugas terkait SEO yang akan Anda lakukan di toko online Anda. Ya, dari arsitektur situs Anda ke URL, kata kunci diperhitungkan.

Jadi pertanyaannya adalah, bagaimana Anda melakukan Research kata kunci untuk mengetahui apa yang dicari pelanggan potensial? Mari kita lihat caranya.

Baca Juga: Cara mendownload Gambar Shutterstok Tanpa Watermark

Cara melakukan penelitian kata kunci untuk situs eCommerce Anda

Di sini, kami tidak mencari kata kunci informasi seperti "Bagaimana caranya" walaupun memiliki tempat di situs eCommerce. Fokusnya adalah pada kata kunci produk karena kategori dan halaman produk terdaftar di toko. Kata kunci produk dapat ditemukan dalam tiga cara:

  1. Penelitian kata kunci di Google/amazon/alibaba
  2. Pesaing/kompetitor
  3. Alat SEO
Amazon adalah toko online terbesar dengan banyak kata kunci yang berfokus pada produk. Jutaan orang mencari beragam produk di dalamnya setiap hari dan perusahaan telah mengembangkan sistem yang melacak kata kunci yang dimasukkan orang ke dalam mesin pencari di Amazon.

Jadi ini adalah tempat yang tepat untuk melakukan riset kata kunci untuk produk yang Anda jual. Kembali pada tahun 2014, mantan CEO Google dan Ketua Alfabet saat ini, Eric Schmidt, bahkan mengatakan kepada audiensi langsung di Berlin bahwa pesaing pencarian terbesar perusahaannya bukanlah Bing atau Yahoo tetapi Amazon.

Untuk menggunakan Amazon untuk penelitian kata kunci, kunjungi situs Amazon dan masukkan kata kunci yang terkait dengan produk Anda. Hasilnya akan menunjukkan kepada Anda beberapa kata kunci yang sangat dicari, saran pencarian mereka, dan banyak kata kunci long tail. 

Kata kunci long tail adalah frasa khusus yang memiliki lebih dari tiga hingga empat kata. Mereka lebih bertarget dan dikenal untuk mengkonversi dengan baik.

Temukan kategori produk pesaing/kompetitor

Halaman kategori menghasilkan penjualan juga, tetapi tidak seperti halaman produk. Anda dapat memata-matai pesaing Anda dengan melihat kata kunci yang sudah mereka gunakan untuk halaman kategori mereka. Katakanlah pesaing Anda adalah Amazon. Anda dapat membuka beranda mereka dan mengklik 'Departemen' untuk memeriksa lini produk mereka. Kemudian pilih kategori produk, klik di atasnya dan lihat subkategori untuk menemukan produk yang paling menggambarkan Anda. Pertimbangkan kata kunci yang digunakan di sana untuk halaman produk Anda sendiri

Misalnya, Pencari Kata Kunci Terkait dapat membantu Anda menemukan ribuan kata kunci long tail yang dicari pelanggan potensial Anda. Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan kata kunci produk Anda dan itu akan menghasilkan banyak saran kata kunci yang dapat Anda simpan untuk digunakan di toko online Anda.

ARSITEKTUR SITUS

Arsitektur situs mengacu pada cara Anda mengatur situs web Anda. Yaitu, bagaimana halaman-halaman di situs Anda disusun dan diorganisir untuk memudahkan akses ke produk dan informasi - toko online biasanya memiliki banyak halaman di dalamnya.

Cara Anda menyusun toko online Anda sangat penting karena akan mempengaruhi kesuksesan SEO Anda. Situs yang hanya terstruktur memudahkan pengguna untuk mengakses produk yang mereka cari. Juga, ini memungkinkan Google untuk mengindeks semua halaman produk Anda untuk mempresentasikannya kepada pengguna ketika mereka membuat pertanyaan berkaitan dengan produk Anda.

Inilah yang harus dilakukan untuk membuat situs Anda mudah diakses:
  • Jaga agar situs Anda tetap sederhana dan terukur
  • Setiap halaman harus tiga atau lebih sedikit klik dari halaman utama situs Anda
  • Pastikan toko online Anda tidak hanya berfungsi di desktop, tetapi juga di tablet dan ponsel. Saat ini, orang sekarang membeli produk melalui perangkat seluler mereka.
“Statistik dari perusahaan pembayaran global Adyen menunjukkan bahwa pangsa penjualan seluler telah tumbuh dengan stabil selama bertahun-tahun, naik dari 34% pada Januari 2016, menjadi 43% pada Januari 2017. Tapi sekarang untuk pertama kalinya, ponsel telah mencapai 52%, melampaui desktop sebagai teknologi pilihan untuk pembelian eCommerce. ” Sumber: https:// internetretailing. net/themes/themes /mobile-overtakes-desktop-in-terms-of-global-online-purchases-15875

Laporan di atas diterbitkan pada November 2017. Sekarang 2019 dan angka-angka itu naik secara signifikan.

Bahkan, hampir 70% dari semua pembeli online yang mengunjungi situs web yang tidak ramah seluler kemungkinan akan pergi ke situs lain, katanya. Dan itu bisa jadi pesaing Anda. Jadi, buat pengunjung situs Anda senang dengan memberi mereka pengalaman pengguna yang luar biasa.

Elemen apa yang dicari pengguna dari situs web ramah seluler untuk pengalaman terbaik?

Google terutama menyoroti tiga elemen utama ini:
  • Fitur ramah seluler: Ini dapat mencakup bilah pencarian yang mudah digunakan, tombol navigasi yang terlihat, dan pengguliran hanya vertikal.
  • Akses cepat ke informasi penting: Buat kontak dasar dan informasi produk (atau layanan / acara) mudah ditemukan dan jelaskan bagaimana pengguna dapat melakukan pembelian di muka sehingga mudah dibaca di smartphone atau tablet.
  • Memuat cepat: Google merekomendasikan untuk membuat situs eCommerce Anda dimuat sepenuhnya dalam 5 detik atau kurang.

SEO ON-PAGE

Setelah menyusun situs Anda untuk ramah pengguna dan pengindeksan Google, tindakan selanjutnya adalah mengoptimalkan halaman produk dan kategori Anda. Dua halaman ini menghasilkan lalu lintas dan penjualan terbanyak untuk situs eCommerce. Mari kita lihat cara mengoptimalkannya:

Cara mengoptimalkan halaman produk dan kategori Anda

  1. Judul dan Tag
Ini adalah judul halaman produk yang ingin Anda optimalkan. Ini pada dasarnya tajuk yang dapat diklik yang muncul di SERP setelah kueri dibuat di mesin pencari. Ini memberi tahu pengguna tentang semua halaman web. Saat Anda menulis tag judul dan menambahkan kata kunci Anda ke dalamnya, gunakan pengubah seperti:

  • murah
  • kualitas
  • penawaran terbaik
  • bebas
  • dipercaya
  • menjamin.
Misalnya, jika kata kunci Anda adalah "headset VR," tag judul Anda bisa "headset VR murah" atau "headset VR dengan gamepad nirkabel gratis."

Kata-kata clickbait seperti murah, terbaik, harga terendah, dll., Telah terbukti menarik banyak klik dan mengonversi pembeli. Kata-kata ini membantu meningkatkan klik-tayang situs (RKT) dan rasio konversi (CR).

Sebagai catatan, rasio klik-tayang hanyalah jumlah orang yang mengklik halaman Anda dari keseluruhan orang yang melihat halaman Anda sementara tingkat konversi mengacu pada persentase pengunjung ke situs web Anda yang menyelesaikan tujuan yang diinginkan (seperti pembelian) dari total jumlah pengunjung.

Tag deskripsi

Ini merangkum konten pada halaman web dan itu muncul di bawah tautan yang dapat diklik. Anda dapat memaksimalkan rasio klik-tayang dari halaman produk Anda dengan menggunakan frasa yang meyakinkan pelanggan potensial untuk mengklik tag judul Anda. Frasa seperti "merek desainer terbaru," "pengiriman gratis tersedia," dan "pengiriman hari berikutnya" berfungsi dengan baik.

Banyak pemilik toko online menggunakan tag deskripsi umum pada semua halaman produk mereka. Meskipun menakutkan menulis deskripsi unik untuk masing-masing dari ratusan halaman di situs eCommerce Anda, Anda dapat mengambil halaman produk penting dan menulis deskripsi unik untuk mereka.

Halaman Konten kategori dan halaman produk

Membuat konten berkualitas tinggi dan formulir panjang untuk kategori dan halaman produk Anda bisa jadi menantang. Namun, Anda harus melakukannya untuk meningkatkan konversi. Dianjurkan untuk menulis 1.000 lebih kata deskripsi. Menurut studi industri, konten bentuk-panjang peringkat lebih tinggi dari konten bentuk-pendek dalam hasil pencarian Google.

Rata-rata hasil halaman pertama Google berisi 1.890 kata, menurut penelitian Backlinko. Google melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam memahami dan mengindeks halaman produk Anda.

Taburkan kata kunci Anda

Jangan lakukan isian kata kunci, biarkan kata kunci menyatu ke dalam deskripsi. Taburkan kata kunci tiga atau empat kali di halaman deskripsi produk Anda.

Tambahkan kata kunci LSI

Kata kunci latent semantic indexing (LSI) adalah frasa dan kata-kata yang terkait erat.

Kata kunci Anda mungkin bukan yang digunakan pengguna mesin pencari untuk mencari produk Anda karena ia mungkin menggunakan frasa yang terkait dengan kata kunci Anda. Tambahkan kata kunci LSI ke deskripsi Anda untuk memungkinkan halaman Anda muncul pada hasil pencarian untuk calon pembeli yang mencari dengan kata kunci LSI.

Anda dapat menemukan kata kunci LSI dengan mengetikkan kata kunci utama Anda di pencarian Google kemudian klik tombol. Lalu pergi ke bagian bawah halaman hasil dan periksa pencarian terkait di sana.

Gunakan URL pendek yang kaya kata kunci

Kata kunci pendek cenderung peringkat lebih tinggi dari URL panjang di halaman pertama Google. Sekali lagi, orang mengingat URL pendek. Jadi semakin pendek, semakin baik. Jadikan URL Anda SEO-friendly dengan menambahkan satu atau dua kata yang menggambarkan halaman kategori Anda. Hal yang sama juga berlaku untuk halaman subkategori.

Tambahkan markup skema

Skema markup adalah alat SEO yang hebat, namun tidak dimanfaatkan oleh banyak pemilik situs. Ini adalah microdata yang ditempatkan di situs yang meningkatkan deskripsi tentang apa halaman web itu semua sehingga mesin pencari dapat memahaminya dan menampilkan informasi kepada pengguna pencarian.

Markup skema telah dikonfirmasi untuk meningkatkan rasio klik-tayang situs lebih dari 30%. Ini digunakan untuk semua jenis konten seperti produk, artikel, aplikasi perangkat lunak, dll.

Ketika Anda menggunakan markup skema untuk halaman produk Anda, pengguna akan dapat melihat di halaman hasil pencarian apa semua toko online Anda tentang, harga produk, peringkat ulasan dan banyak lagi. Untuk menempatkan alat berharga ini di situs Anda, manfaatkan markup produk schema.org.

SEO tidak terbatas pada kata kunci. Sisi teknis ada, yang berkaitan dengan memberikan pengguna pengalaman terbaik di situs Anda. Ini termasuk kecepatan situs Anda, keramahan seluler, dan tautan fungsional di situs Anda. Dan sementara di SEO teknis, berikut adalah sesuatu yang harus Anda perhatikan.

Pastikan situs eCommerce Anda menggunakan koneksi HTTPS. Ini sangat penting. Anda akan mengumpulkan informasi pribadi (kartu kredit, lokasi) pelanggan dan detail itu perlu dienkripsi untuk tujuan keamanan. Dan lagi, Google menganggap HTTPS sebagai sinyal peringkat. Namun, praktik yang baik adalah melindungi detail pribadi pelanggan yang menggunakan toko online Anda.

Pada Juli 2018, Google mulai menandai situs secara efektif tanpa HTTPS sebagai “tidak aman.” Ini berarti tanpa HTTPS, Anda akan kehilangan lalu lintas dan pelanggan potensial.

KONTEN PEMASARAN

Situs eCommerce juga dapat menggunakan Konten pemasaran untuk meningkatkan lalu lintas dan penjualan. Buat konten informatif yang relevan dengan produk Anda dan tautkan halaman produk Anda. Orang tidak selalu menautkan ke halaman produk, tetapi ketika Anda menulis konten yang layak bentuk panjang (seperti ini), mereka akan melakukannya.

LINK Building

Pembuatan konten dan tautan bekerja berdampingan. Tidak ada konten berkualitas, tidak ada backlink yang berkualitas juga, harus seimbang. Orang-orang hanya menautkan ke konten yang relevan. Jadi, membuat konten yang berharga di toko online Anda membantu Anda membangun lebih banyak tautan masuk. Dan itu akan meningkatkan otoritas domain Anda.

Mengoptimalkan toko online Anda ke peringkat tinggi adalah cara yang pasti untuk mendorong produk Anda di depan pelanggan potensial. Ketika Anda melakukan upaya dan waktu untuk mendapatkan SEO yang benar, Anda akan meningkatkan penjualan Anda.

Kami percaya bahwa panduan SEO eCommerce ini akan membantu mengarahkan Anda ke jalan yang benar untuk mendominasi kategori hasil pencarian Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Optimasi Web Toko Online ke Halaman Pertama"