Kemenag memberlakukan Kartu Nikah dan Buku Nikah


Advertisement
Sejak tanggal 14 November 2018 Kemarin, Pak Menteri memberitakan tentang pemberlakuan aturan terbaru tentang kartu nikah. Apa Sih Kartu Nikah itu?
Hal ini sebagai bentuk kontrol dari sebuah aplikasi online nikah, simkah web. sistem ini juga jadi modul pelayanan pemerintah terhadap masyarakat yang dapat diakses secara mudah lewat web.

simkah web ini adalah sebagai wadah pendaftaran pernikahan secara online dan juga sebagai wadah survey pemerintah yang ditujukan kepada pelayanan KUA (kantor urusan Agama) di setiap kecamatan yang ada di Indonesia. selain itu, data yang didaftarkan di simkah ini juga berdasarkan e-ktp yang berlaku. jadi sudah tersinkronisasi.

Cara kerja, menurut kemenag, simkah web adalah sebagai berikut: Pendaftar nikah hanya memberi NIK, kemudian akan tampil data pengisian kelengkapan yang diperlukan. langkah selanjutnya adalah verifikasi. Dimana kebenaran data yang diinput harus benar seseuai data E-KTP. Verifikasi ini membutuhkan proses pemeriksaan yang diperlukan beberapa waktu. Setelah Verifikasi selesai kemudian dilakukan prosesi akad nikah.

Uniknya, Simkah web ini akan segera mengirim data ke Disdukcapil setelah proses Akad Nikah selesai. Agar dilakukan proses uddate data dan juga pencetakan akta nikah, Kartu Nikah dan juga Buku Nikah.

Jadi bisa diprediksi betapa sibuknya nanti petugas Dukcapil untuk memproses update data.

Apa sih Untungnya??

Jawaban dari kementrian agama adalah dapat menggantikan buku nikah dengan kartu nikah yang dapat dibawa kemana pun wni pergi.
Kartu Nikah juga berguna untuk meminimalisir pemalsuan buku nikah yang sekarang terjadi.

Apakah Kartu Nikah akan menggantikan Buku Nikah?

di Detik Dot Com diterangkan bahwa tahun 2020 kartu nikah akan identitas utama pernikahan yang akan memensiunkan buku nikah. Akan tetapi itu belum jelas aturannya.

Apa Kartu nikah Terjamin tidak dipalsukan?

dilansir di web kemenag.go.id, mengatakan bahwa kartu Nikah ini dapat dijamin keasliannya dan tidak dapat dipalsukan, hal ini dikarenakan kartu nikah dilengkapi dengan QR Code yang sudah terkoneksi dengan simkah web. So sangat aman sekali.

Lalu apa pendapat Anda?? yuk komentar disini !!
Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kemenag memberlakukan Kartu Nikah dan Buku Nikah"

Post a Comment