Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ziarah di Habib Shodiq (Yek Ende) Kalinyamatan Jepara

Kali ini saya ingin cerita pengalaman dari berburu makam orang sholeh. pengalaman ini secara tidak sengaja kami berhenti saat kembali pulang. tepat di gapuro kota monel, kalinyamatan jepara. disitulah kami berhenti yang saya tidak tahu ada apa gerangan berhenti. kami berhenti setelah kami berziarah di sunan kalijogo demak.
saya: Ada apa guru, kita berhenti disini.
guru: saya kenalkan kamu dengan orang sholeh disini.
Saya: Siapa?
Guru: Ayo ikut aku....

Baca Lagi: Ziarah Sunan Kalijaga

kami turun dari mobil dan akhirnya kami memasuki pemakaman. disitu tertulis..... MAKAM HABIB SHODIQ..... lalu guru saya ini bercerita tentangnya.

Guru: konon, habib shodiq ini bernama Yek Ende, orang kampung bilang dia orang nyeleneh.... dia masih muda,....usianya saat itu baru 20 an tahun... dan saking nyelenehnya ketika sakit malah sakitnya dipelihara..... sampai pada sakit kudis ..... anehnya.... kudisnya beliau sampai muncul ulat yang memakan kulitnya... tetapi ia biarkan saja....dan bahkan....ulat yang jatuh dari tubuhnya itu dia ambil dan dikembalikan lagi ke kudisnya itu. sehingga orang-orang gak mau kumpul dengannya. Sehingga akhirnya meninggal dunia di usia muda. Mari kita bacakan tahlil di makamnya..

akhirnya kami tahlilan di makamnya. tengah malam gelap dan sepi, hanya kami berdua yang komat kamit di kuburan. lokasi makam ini tepat di pinggir jalan raya kalinyamatan jepara. tepat pula di gapuro selamat datang desa karya monel. yang datang dari mana saja pasti lewat sini.

Baca Lagi: Haul Habib Sholeh Tanggul

Habib Shodiq, konon cerita termasuk anak keturunan dari Rosulullah... Ayahnya bernama Habib abdulloh alaydrus bin abu bakar assakron. Habib Abu Bakar Assakron ini juga konon yang punya ajimat wirdussakron / HizbusSakron yaitu semacam doa para peminum.

Para peziarah yang berasal dari jepara dan sekitarnya datang untuk hajatnya masing-masing. ada yang hajat agar sembuh. dan lain-lain. semua mereka tawasulkan kepada Orang sholeh ini.
Makam ini ramai dikunjungi saat pagi sampai sore saja. sedangkan malam sudah tidak ramai karena malam tidak diterangi dengan lampu. dari pengurus makam ini, makbaroh dibuka pada hari senin dan kamis atau jumat di pagi sampai sore hari.

Baca Lagi: Ziarah di Mufti Betawi

dan setiap tanggal 9 di bulan syawal diadakan acara haul oleh masyarakat setempat. Anda bisa hadir di Jepara, tepatnya desa Kriyan (Sentral kerajinan Monel jepara) untuk ikut hadir di acara Haul Habib Shodiq (Yek Ende).

Semoga mendapatkan berkah.

Baca juga : Sunan Nyamplungan.

Catatan: Tulisan tadi berasal dari tutur tinular, belum ada bukti otentik. Jadi Kebenarannya wallahu A'lam.

Posting Komentar untuk "Ziarah di Habib Shodiq (Yek Ende) Kalinyamatan Jepara"